Dari Angkasa, Kosmonaut Rusia Rayakan Luhansk Direbut dari Ukraina

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 18:00 WIB
Kosmonot Rusia merayakan Luhansk lepas dari Ukraina dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kosmonaut Rusia merayakan kesuksesan Luhansk direbut dari Ukraina. (Foto: Roscosmos/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kosmonaut Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) merayakan keberhasilan Rusia merebut wilayah penting Luhansk dari Ukraina.

Roscosmos, badan antariksa Rusia, dikutip dari Reuters, menggambarkan perebutan wilayah Luhansk oleh Moskow sebagai "hari pembebasan untuk dirayakan baik di Bumi maupun di luar angkasa."

Lembaga tersebut juga mengunggah gambar Kosmonaut Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergei Korsakov yang sedang tersenyum sambil mengangkat bendera wilayah proxy Rusia di Ukraina timur itu, yang memproklamasikan diri sebagai Republik Rakyat Luhansk dan Republik Rakyat Donetsk.

"Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu yang telah ditunggu-tunggu oleh penduduk daerah pendudukan di wilayah Luhansk selama delapan tahun," tulis Roscosmos di aplikasi perpesanan Telegram.

"Kami yakin bahwa 3 Juli 2022, akan selamanya tetap dalam sejarah Republik [Rakyat Luhansk]."

Sebelumnya, Moskow mengumumkan pada Minggu (3/7) bahwa pasukan Rusia dan separatis merebut kendali penuh atas wilayah Luhansk setelah merebut kota besar terakhirnya, Lysychansk.

Ukraina, yang berjanji untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang, mengatakan pasukannya ditarik dari benteng terakhir yang tersisa di wilayah itu untuk menyelamatkan nyawa tentaranya.

Kyev mengatakan pasukannya akan berkumpul kembali untuk melancarkan serangan balasan dengan bantuan senjata jarak jauh Barat.

Setelah upaya awalnya untuk merebut ibu kota Kyev gagal pada Februari, Rusia fokus untuk mengusir pasukan Ukraina keluar dari wilayah Luhansk dan Donetsk. Dua wilayah yang didukung Moskow itu telah memerangi Kyev sejak lama lewat pasukan separatis sejak intervensi militer pertama Rusia di Ukraina pada 2014.

[Gambas:Video CNN]

(Reuters/arh)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER