Spesifikasi Glock 17, Diduga Pistol Bharada E dalam Penembakan Polisi

CNN Indonesia
Jumat, 15 Jul 2022 13:15 WIB
Senjata Glock 17, yang dipakai Bharada E untuk menembak Brigadir J di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy, punya spesifikasi unik. Berikut rinciannya. Glock 17, pistol favorit para penegak hukum di berbagai negara. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Senjata Glock 17 digunakan Bharada E dalam sebuah insiden penembakan disebut sebagai favorit para penegak hukum di berbagai negara. Apa saja keistimewaannya? 

Sebelumnya, anggota Polri Bharada E diberitakan menembak Brigadir J di kediaman Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7).

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengungkapkan Bharada E menyisakan 12 butir peluru di dalam pistolnya. Alhasil, diduga ada lima butir peluru yang dimuntahkan Bharada E dalam aksi tembak dengan sesama kolega itu.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menyebutkan Glock merupakan jenis senjata api (senpi) otomatis yang berspesifikasi tinggi.

"Apakah diperlukan senpi dengan spesifikasi tempur bila sekadar melakukan pengawalan dalam kondisi normal? Mau bertempur dengan siapa?" cetus Bambang, Kamis (14/7).

Menurut dia, petugas yang tergabung dalam pengawalan distribusi kegiatan tertentu biasanya hanya dipersenjatai dengan revolver (pistol dengan laras berputar) yang standarnya memiliki slot enam peluru.

Lalu, apa istimewanya Glock 17?

Dikutip dari 19FortyFive, Richard Douglas, ahli dan pengajar tentang senjata api, mengatakan Glock 17 adalah senjata api klasik asal Amerika Serikat yang memiliki reputasi yang luar biasa.

"Sederhana, namun tangguh, desainnya diakui dan dipuja secara universal, jadi tidak heran jika Glock 17 adalah salah satu pilihan utama untuk penegakan hukum dan pertahanan di rumah," ucapnya.

Menurut situs resminya, Glock 17 punya kaliber 9x19 mm dengan opsi magasin 19, 24, 31, dan 33 peluru, beda jauh dengan revolver.

Dilengkapi dengan tarik pelatuk 28N, Glock 17 memiliki panjang barrel (batang bagian atas, mulai moncong sampai sumbu kaliber) 114 mm dengan berat total dengan peluru 915 gram.

Untuk keseluruhan, pistol ini punya panjang 204 mm, panjang slide (besi kokang bagian atas) 186mm, dan lebar keseluruhan 32 mm dengan tinggi 139mm.

"Dirancang untuk para profesional, Glock 17 dipercaya oleh petugas penegak hukum dan personel militer di seluruh dunia karena keandalannya yang tak tertandingi," demikian dikutip dari situs Glock.

"Kapasitas magasin optimal 17 peluru di magasin standar dengan bobotnya yang rendah. Dengan sistem pemicu 'Tindakan Aman' yang khas, pistol Luger GLOCK 17 9 mm aman, mudah, dan cepat - persis seperti yang Anda butuhkan dalam situasi kritis," lanjut pernyataan perusahaan.

Soal akurasinya, Douglas mengakui pistol ini "sangat terkontrol akurat bahkan dalam penembakan cepat" karena pegangannya yang berukuran penuh dan moncong naik minimal.

"Untuk pistol tempur, akurasi Glock 17 lebih dari yang dapat dibayangkan. Tidak peduli keterampilan menembak Anda, pistol ini akan memberi Anda akurasi," akunya.

Senjata genggam ini dibanderol mulai dari US$699-US$799 (Rp10,5 hingga Rp11,9 juta).

Di dalam negeri, pistol sekelas Glock 17 diproduksi oleh PT Pindad dengan merek G2 Elite Kal 9 mm dengan daya tampung peluru 15 butir.

[Gambas:Video CNN]



(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER