Daftar 140 Kota Suntik Mati Jaringan 3G Telkomsel Mulai Hari Ini

CNN Indonesia
Rabu, 20 Jul 2022 10:15 WIB
Telkomsel menyatakan mematikan jaringan 3G di 140 kota di Indonesia mulai 20 Juli 2022. Ilustrasi. Telkomsel menyatakan mematikan jaringan 3G di 140 kota di Indonesia mulai 20 Juli 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nz/14)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan 3G Telkomsel akan dimatikan di 140 kota mulai hari ini, Rabu (20/7). Perusahaan pelat merah ini menyatakan bakal melakukan upgrade 4G/LTE melalui pembangunan infrastruktur baru untuk peningkatan layanan dari 3G.

Menurut laman resminya, Telkomsel mematikan jaringan 3G pada 20 Juli di 140 kota. Pemadaman itu di wilayah Maluku-Papua mencapai 10 daerah, termasuk Kota Sorong dan Merauke.

Kemudian di Bali-Nusa Tenggara terdapat 9 kota, di antaranya Kupang dan Sumbawa. Sulawesi di 16 kota, termasuk Makassar dan Manado.

Kalimantan dengan tujuh kota, di antaranya Sanggau dan Sintang. Jawa dengan 48 daerah contohnya Bandung, Kuningan, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Lebak, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, hingga Pacitan.

Sumatera dengan 50 kota, sebagian yakni Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Jaya, Kota Medan, Asahan, Batu Bara, Karo, hingga Toba Samosir, Agam, Pariaman, hingga Tanah Datar, Tanjung Pinang dan Kuantan Singingi.

Daftar kota yang mati jaringan 3G bisa dilihat lebih lengkap di tautan ini.

Telkomsel mengaku sudah merencanakan suntik mati jaringan 3G sejak 2020. Migrasi 3G ke jaringan 4G pun sudah dimulai dan dijadwalkan rampung pada akhir 2022.

"Kami telah berencana mematikan 3G sejak dua tahun lalu, sehingga saya dapat mengatakan kalau kami sudah siap lebih awal untuk mematikan 3G," kata Wong Soon Nam, Direktur Planning and Transformation Telkomsel, di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Rabu (6/4).

Program ini terkait permintaan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Penyetopan layanan 3G ini diprediksi akan berdampak pada ponsel-ponsel lawas serta SIM Card yang tak memiliki akses pada jaringan 4G.

VP Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono menambahkan pihaknya terus melakukan pemerataan dan akselerasi layanan 4G/LTE melalui pembangunan infrastruktur BTS 4G/LTE baru.

Selain itu, ada pembangunan BTS USO 4G di wilayah 3T (tertinggal, terdalam, terluar) hingga peningkatan atau upgrading layanan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia secara bertahap dan terukur di sepanjang tahun 2022.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER