Telkomsel Matikan Jaringan 3G di 140 Kota Hari Ini, Termasuk Bogor-DIY

CNN Indonesia
Rabu, 20 Jul 2022 07:15 WIB
Telkomsel akan mematikan jaringan 3G di 140 kota di berbagai pulau, dari Bekasi hingga Merauke. Ilustrasi. Jaringan 3G Telkomsel hari ini dimatikan di ratusan kota. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telkomsel akan mematikan jaringan 3G di lebih dari 100 kota, termasuk Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, hingga Merauke, pada hari ini, Rabu (20/7).

Manager Relations PT Telkomsel Kurnia Purwanto menyatakan program ini tak dilakukan mendadak dan sudah melalui tahap sosialisasi.

"Program upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dilakukan secara berkala dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan," ucapnya, dalam keterangan tertulis, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/7).

Ragam bentuk sosialisasinya, kata dia, adalah dengan menyebarkan informasi soal program suntik mati 3G di situs resmi hingga menelpon langsung ke pelanggan.

"Demi menjamin kenyamanan pelanggan dan kualitas konektivitas yang lebih baik, kami terus melakukan sosialisasi melalui berbagai channel ke pelanggan untuk segera melakukan pergantian kartu ke USIM 4G dan mulai menggunakan perangkat yang mendukung 4G," tutur dia.

"Salah satunya adalah dengan langsung menghubungi ke pelanggan yang belum melakukan migrasi ke 4G baik dari sisi device maupun simcard melalui layanan Robocall," lanjut pria yang akrab dipanggil Ipung ini.

Sosialisasi dilakukan secara intensif kepada pelanggan yang berada di target wilayah "yang akan dilakukan peningkatan atau pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 86 kota/kabupaten selama Juni ini."

VP Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono menambahkan pihaknya terus melakukan pemerataan dan akselerasi layanan 4G/LTE melalui pembangunan infrastruktur BTS 4G/LTE baru.

Selain itu, ada pembangunan BTS USO 4G di wilayah 3T (tertinggal, terdalam, terluar) hingga peningkatan atau upgrading layanan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia secara bertahap dan terukur di sepanjang tahun 2022.

Dikutip dari laman resminya, Telkomsel mematikan jaringan 3G pada 20 Juli di 140 kota.

Pertama, wilayah Maluku-Papua mencapai 10 daerah. termasuk Kota Sorong dan Merauke. Kedua, Bali-Nusa Tenggara dengan 9 kota, di antaranya Kupang dan Sumbawa. Ketiga, Sulawesi dengan 16 kota, termasuk Makassar dan Manado.

Keempat, Kalimantan dengan 7 kota, di antaranya Sanggau dan Sintang. Kelima, Jawa dengan 48 daerah. Contohnya, Bandung, Kuningan, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Lebak, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, hingga Pacitan.

Kelima, Sumatera dengan 50 kota. Misalnya, Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Jaya (Aceh); Kota Medan, Asahan, Batu Bara, Karo, hingga Toba Samosir (Sumut); Agam, Kota Pariaman, hingga Tanah Datar (Sumbar); Kota Tanjung Pinang dan Kuantan Singingi (Kepulauan Riau).

Untuk lebih lengkapnya, bisa simak daftar kotanya di sini.

Sebelumnya, Telkomsel mengaku sudah merencanakan suntik mati jaringan 3G sejak 2020. Migrasi 3G ke jaringan 4G pun sudah dimulai dan dijadwalkan rampung pada akhir 2022.

"Kami telah berencana mematikan 3G sejak dua tahun lalu, sehingga saya dapat mengatakan kalau kami sudah siap lebih awal untuk mematikan 3G," kata Wong Soon Nam, Direktur Planning and Transformation Telkomsel, di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Rabu (6/4).

Program ini terkait dengan permintaan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Johnny kepada operator seluler di Indonesia untuk menghapus layanan 3G dengan dalih menangani kesenjangan digital.

Penyetopan layanan 3G ini disebut akan berdampak pada ponsel-ponsel lawas serta SIM Card yang tak memiliki akses pada jaringan 4G.

(tim/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER