TikTok Akan Rilis Streaming Musik, Berpotensi Jegal Spotify?

CNN Indonesia
Selasa, 02 Agu 2022 03:59 WIB
TikTok akan rilis layanan streaming musik. Layanan tersebut berpotensi menyaingi Spotify. TikTok kabarnya akan merilis layanan streaming musik. Foto: AFP/Drew Angerer
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi media sosial, TikTok disebut bakal meluncurkan aplikasi streaming musik, dan tengah mendaftarkan pengajuan hak paten di Amerika Serikat.

Bocoran layanan streaming musik itu di pertama kali diungkap oleh Insider. Saat ini induk perusahaan ByteDance tengah menggodok aplikasi tersebut.

ByteDance diketahui telah mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk "TikTok Music" pada Mei 2022.

Menurut pengarsipan hak paten, layanan tersebut akan memungkinkan pengguna membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik.

Aplikasi itu juga memungkinkan untuk membuat, berbagi, merekomendasikan daftar putar, mengomentari musik, serta audio dan video streaming langsung.

Sementara untuk layanan Spotify juga memiliki sederet fitur tersebut. Di antaranya berbagi musik, merekomendasikan daftar putar hingga mengunggah siniar.

Sebagai informasi, ByteDance juga sudah mengajukan merek dagang "TikTok Music" di Australia November 2021.

ByteDance diketahui sudah memiliki pengalaman dengan streaming musik. Pada 2020, ByteDance meluncurkan aplikasi streaming musik yaitu Resso di India, Brasil, dan Indonesia.

Resso memiliki beberapa fitur yang sama yang dijelaskan dalam pengarsipan "Musik TikTok", seperti kemampuan untuk membuat daftar putar atau playlist, berbagi lagu di media sosial, dan berinteraksi dengan komunitas di aplikasi.

ByteDance bahkan menggunakan TikTok untuk membawa pengguna yang ada ke Resso.

Menurut laporan dari The Information , aplikasi TikTok di Brasil dilengkapi dengan tombol yang mengarahkan pengguna ke Resso sehingga mereka dapat mendengarkan versi lengkap dari lagu yang mereka minati, sebuah langkah yang membantu pengguna tetap berada dalam ekosistem ByteDance.

The Information juga melaporkan Resso memiliki lebih dari 40 juta pengguna bulanan di seluruh India, Brasil, dan Indonesia pada November 2021, jumlah yang kemungkinan akan terus bertambah.

Pada awal tahun ini, sebuah laporan dari Insider mengungkapkan pengguna aktif bulanan Resso tumbuh sebesar 304 persen antara Januari 2021 hingga Januari 2022 di India.

Berbeda dengan pertumbuhan Spotify hanya sebesar 38 persen di India selama periode waktu yang sama, dikutip The Verge.

Dikutip Tech Radar, tidak jelas apakah ByteDance berencana mengembangkan aplikasi streaming musik berdasarkan kerangka kerja Resso, atau akan muncul dengan tampilan maupun fitur yang berbeda.

Sama seperti TikTok yang memiliki dampak besar pada cara situs media sosial beroperasi, diprediksi aplikasi streaming musik itu akan terhubung TikTok dan dapat mengubah industri streaming musik, memaksa layanan seperti Spotify saat ini beradaptasi.

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER