Bocoran Fortuner Hybrid Meluncur Setelah Innova HyCross

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 09:38 WIB
Generasi baru Toyota Fortuner diduga menggunakan platform berbeda dari Innova. Toyota Fortuner 2.800 cc yang dijual di Indonesia. (Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gosip otomotif yang beredar dari India bukan cuma soal Innova HyCross tetapi juga generasi baru Fortuner. Kedua model baru ini dikatakan menggunakan platform yang berbeda.

Saat ini Innova, Fortuner dan pikap Hilux dirancang memakai platform sama, yaitu ladder frame yang dinamakan Toyota sebagai International Multi-purpose Vehicle (IMV).

Kabar dari India menjelaskan Innova Hycross beralih dari IMV ke Toyota New Global Architecture (TNGA) C, sedangkan Fortuner memakai TNGA F.

TNGA F digunakan pada mobil SUV besar Toyota saat ini yaitu Land Cruiser J300, Tundra, Sequoia dan juga Lexus LX.

Generasi baru Innova HyCross beralih dari sistem gerak roda belakang menjadi roda depan karena TNGA C. Meski begitu kemungkinan Fortuner tetap gerak roda belakang.

Innova Cross juga dikatakan tak punya opsi mesin diesel, melainkan diganti bensin 2.000 cc berteknologi strong hybrid. Sedangkan Fortuner dijelaskan memakai teknologi mild hybrid yang dipasang di mesin diesel 1GD-FTV 2.800 cc.

Mild hybrid berarti mesin itu memiliki semacam integrated strarter generator yang dinamakan GD Hybrid. Teknologi ini diharapkan bisa bikin irit tetapi juga menambah torsi.

Generasi baru Fortuner berteknologi hybrid diperkirakan bakal meluncur di Thailand pada 2023. Ini akan dilakukan setelah Innova HyCross yang dikatakan meluncur pada akhir tahun atau awal 2023 di India.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER