Daftar Mobil Boleh Pakai Pertalite 1 September, dari LCGC hingga Mercy

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 11:26 WIB
Mobil di bawah 1.500 cc yang diperbolehkan minum bahan bakar jenis Pertalite banyak tersedia di Indonesia. Ilustrasi. Mobil di bawah 1.500 cc yang diperbolehkan minum bahan bakar jenis Pertalite. (Foto: CNN Indonesia/Huyogo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembatasan penggunaan bahan bakar subsidi RON 90 Pertalite kemungkinan diperluas menjadi dua kategori mesin bensin dari sebelumnya direncanakan hanya untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas, dan mulai 1.500 cc ke atas.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengungkapkan saat ini pihaknya masih menunggu aturan resmi sebelum kebijakan ini dapat diterapkan. Direncanakan tahap awal untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas pada 1 September.

Aturan itu yakni revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

"Kami masih menunggu revisi Perpres 191," ujar Irto kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/8).

Jika diterapkan maka mobil-mobil bensin berkapasitas mulai dari 1.500 cc hanya boleh beli RON 92 seperti Pertamax atau yang lebih berkualitas di SPBU Pertamina.

Ini juga berarti mobil di bawah 1.500 cc masih bisa membeli Pertalite. Mobil yang diperbolehkan minum Pertalite ada banyak, bahkan bisa dikatakan populasinya tertinggi di Indonesia, berikut daftarnya.

Mobil di bawah 1.500 cc

Berbagai model di bawah 1.500 cc yang dipasarkan di dalam negeri mulai dari low MPV, low SUV, citycar, sampai sedan. Mobil-mobil tersebut berasal dari berbagai merek seperti Jepang, China, hingga kelas premium Eropa.

Model tersebut antaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Wuling Confero, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Kemudian Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuko XL7, Mitsubishi Xpander Cross, hingga DFSK Glory i Auto. Mobil lain ada LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio.

Sementara merek Eropa kelas premium yang menggunakan mesin di bawah 1.500 cc di antaranya Mercedes-Benz. Merek Jerman ini memiliki beberapa produk pada kelas tersebut, seperti A200, CLA200, GLA200, GLB200, hingga C200.

Untuk diingat, meskipun mobil masuk kategori boleh menenggak Pertalite, namun penggunaan bahan bakarnya harus menyesuaikan dengan rekomendasi pabrikan untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER