Dealer dan Bengkel Ford Pertama di Jakarta Berdiri Sejak Pamit 2016

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 15:02 WIB
Kabar baik buat konsumen, bengkel dan dealer Ford pertama di Jakarta berdiri lagi sejak merek Amerika Serikat ini pamit dari Indonesia pada 2016. Ford AK Mampang, dealer Ford pertama di Jakarta setelah merek Amerika Serikat ini pamit dari Indonesia pada 2016. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dealer dan bengkel Ford kembali berdiri di Jakarta sejak 2016 merek asal Amerika Serikat itu angkat kaki dari Indonesia. Dealer yang berada di Mampang, Jakarta Selatan ini milik Kreasi Auto Kencana, perusahaan dealer yang sempat bekerja sama dengan Ford sebelum pamit.

Pinaki Mukherjee, Country Manager distributor resmi Ford di Tanah Air, RMA Indonesia, mengatakan dealer tersebut akan memiliki fasilitas lengkap bakal pengguna Ford.

Dealer menjual dua produk, yakni pikap kabin ganda Ranger dan SUV Everest. Kedua produk ini diimpor secara utuh dari Thailand.

"AK Mampang memiliki semua infrastruktur yang dibutuhkan untuk memberikan layanan kepada semua pelanggan, terutama yang berdomisili di wilayah Jakarta Selatan," kata Pinaki di Jakarta, Jumat (5/8).

Direktur Utama Kreasi Auto Kencana Andee Y Yoestong menyampaikan dealer ini memiliki luas bangunan lantai dasar 660 meter persegi yang digunakan sebagai lokasi display unit. Kemudian dealer juga memiliki bengkel, serta penjualan suku cadang.

"Bersama RMA Group, kami terus membuktikan semangat kami dalam mendekatkan Ford kepada konsumennya di Jakarta," ucap Andee.

Pinaki melanjutkan Ford AK Mampang merupakan dealer kelima di Indonesia menyusul pembukaan sebelumnya di Banjarmasin, Balikpapan, Bandung, dan Medan.

"Kami berupaya untuk terus menghadirkan kendaraan berkelas dunia dan memberikan pengalaman kepemilikan dengan standard Ford kepada seluruh pelanggan," ungkap Pinaki.

Gedung dealer Ford yang digunakan ini masih satu area dengan markas Hascar Group yang sempat dikenal sebagai importir mobil premium seperti Jeep, Fiat, hingga Chrysler.

Namun saat ini bisnis mobil premium Hascar telah 'bubar jalan' dan perusahaan mencoba peruntungan baru melalui mobil serta sepeda motor listrik China.

Drama Ford di Indonesia

Ford resmi mundur dari pasar otomotif Tanah Air pada 2016. Setelah Ford merek AS lain yang juga minggat adalah General Motors (Chevrolet) pada 2019.

Ford bukan merek baru di Indonesia. Ford sudah hadir sejak 1903 dan menjadi salah satu merek otomotif tertua di dunia, sementara di Indonesia mobil Ford ada sejak 1950an.

Ford bersama merek AS lainnya sempat sirna seiring masuknya produsen Jepang pada 1970an.

Ford baru kembali hadir pada medio 2000 melalui perusahaan baru Ford Motor Indonesia. Lalu pada 2001 perusahaan mulai berbisnis dengan menghadirkan sejumlah model anyar dari Ford di Tanah Air.

Sejumlah model yang sempat diniagakan Ford, di antaranya Ranger, Everest, Focus, Escape Sporty, Fiesta, hingga EcoSport. Sedangkan data penjualan terakhir perusahaan pada 2015, berhasil melego sebanyak 4.986 unit.

Kemudian pada 2016, Ford Motor Indonesia memutuskan mundur dengan salah satu alasan ketatnya persaingan di dalam negeri. Penghentian bisnis ini sempat diprotes para perusahaan dealer rekanan yang berujung ke kasus persidangan, termasuk Kreasi Auto Kencana.

Setelah melewati berbagai penyelesaian, pada November 2016, Ford tetap menghentikan bisnis penjualan mobil tetapi melanjutkan bisnis purna jual di bawah kendali RMA Indonesia.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER