WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan Terkirim Jadi 2 Hari

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 13:40 WIB
Ragu dengan chat Anda tapi sudah lebih dari sehari terkirim? Kini, WhatsApp menambah batas waktu menghapus pesan terkirimnya. Whatsapp menambahkan durasi untuk menghapus pesan yang telah telanjur dikirim menjadi dua menit. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp memberi perpanjangan waktu untuk menghapus pesan dua hari setelah dikirim.

Dikutip dari 9to5mac, mulanya aplikasi milik Meta itu hanya menyediakan fitur hapus pesan maksimal 1 jam setelah dikirim. Tetapi perusahaan mengumumkan perubahan itu hari ini.

"Berpikir ulang soal pesan Anda? Sekarang Anda dapat 2 hari lebih sedikit untuk menghapus pesan dari obrolan setelah Anda menekan 'kirim'," kicau WhatsApp dalam akun Twitter-nya, Selasa (9/8).

Hadirnya fitur tersebut boleh jadi sangat membantu. Pengguna kini bisa menarik kembali pesan tidak pantas yang barangkali salah dikirim ke bos, teman, kekasih, atau keluarga.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa langsung membuka grup WhatsApp atau obrolan individu tempat mengirim pesan.

Pastikan mengetuk dan menahan konten yang ingin dihapus, kemudian klik "Hapus", lalu pilih "Hapus untuk semua orang" atau "Hapus untuk saya".

Namun sebelum melakukan penghapusan dengan fitur yang diperbarui itu, pastikan aplikasi WhatsApp harus diperbarui ke versi terbaru agar fitur ini benar-benar berfungsi.

Fitur baru ini membuat Whatsapp berada beberapa langkah di depan Apple dengan iMessage mereka. Melansir The Verge, Apple belum tergerak untuk menambah durasi pesan dihapus pada layanan iMessages miliknya.

Pengguna iMessages pada iOS 16 versi beta maksimal hanya bisa menghapus pesan 15 menit setelah ia dikirimkan pada update beta versi pertama. Namun pada update beta versi kedua, durasinya dipersingkat ke dua menit.

Ada alasan di balik keengganan Apple untuk meniru Whatsapp. Menurut beberapa orang, fitur untuk mengedit dan menarik kembali pesan bisa digunakan untuk tujuan yang salah.

Alhasil, Apple pun menambahkan label perubahan jejak (chat history) untuk pesan yang telah dikirim di iMessages.

Hal tersebut tidak terdapat di Whatsapp atau Telegram. Kedua platform itu membiarkan penggunanya mengedit dan menghapus pesan tanpa batasan apa pun.

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER