Cara Bebas Ancaman Screenshot ala Fitur Pesan Sekali Lihat WhatsApp

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 18:21 WIB
Ingin bebas ancaman screenshot chat? WhatsApp menyediakan fitur pesan sekali lihat alias disappearing messages. Fitur pesan sekali lihat WhatsApp bakal memblokir upaya screenshot. (Foto: WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp akan memberikan pembaruan yang memungkinkan pesan sekali lihat bebas dari ancaman screenshot atau tangkapan layar.

Pada Selasa (9/8), Bos Meta Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran serangkaian fitur perlindungan privasi untuk WhatsApp. Fitur-fitur tersebut diklaim akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas percakapan mereka dan menambahkan lapisan perlindungan saat mengirim pesan.

"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat. Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," ujar Zuckerberg dalam sebuah keterangan resmi, Selasa (9/8).

Dikutip dari rilis resmi WhatsApp, fasilitas ini jadi salah satu dari tiga fitur baru WhatsApp. 

"Pemblokiran Tangkapan Layar untuk Pesan Sekali Lihat: Pesan Sekali Lihat secara otomatis dilindungi dari fitur tangkapan layar, sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman. Fitur ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan," demikian pernyataan perusahaan.

Pesan sekali lihat atau disapeearing messages di WhatsApp sendiri diluncurkan pada pengujung 2021 lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna saling berkirim pesan yang otomatis terhapus dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, sesuai pilihan pengguna.

Fitur blokir screenshot yang akan diluncurkan WhatsApp nantinya akan memberikan lapisan perlindungan pada pesan sekali lihat ini.

"Pesan Sekali Lihat secara otomatis dilindungi dari fitur tangkapan layar, sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman. Fitur ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya.

WhatsApp yang kini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia terus menelurkan fitur baru, salah satunya dalam segi keamanan dan privasi.

Dalam sebuah studi privasi yang dilakukan oleh WhatsApp, mereka mengatakan 72 persen pengguna ingin berbicara jujur tanpa filter di ruang digital ini. Sementara 47 persen pengguna merasa nyaman melakukan hal tersebut di tempat yang aman dan pribadi.

Hasil studi ini kemudian menjadi salah satu landasan WhatsApp memberikan fitur terbaru yang memberi peningkatan pada kontrol privasi pengguna, yang dalam hal ini peningkatan pada pesan sekali lihat.

"Di WhatsApp, kami fokus membangun fitur-fitur produk yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka. Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman," ujar Ami Vora, Head of Product di WhatsApp.

"Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan," imbuhnya.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER