7 Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak di Jalan

tim | CNN Indonesia
Rabu, 10 Agu 2022 12:30 WIB
Kenali penyebab mobil mati mendadak di jalan agar bisa segera tahu hal yang perlu dilakukan pertama kali ketika berada dalam kondisi darurat. Ilustrasi. Penyebab mobil mati mendadak (iStockphoto/robcocquyt)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil yang mati mendadak saat di perjalanan bisa menimbulkan kepanikan. Apalagi jika Anda mengalaminya di tempat yang jauh dari keramaian dan sama sekali tidak mengetahui penyebabnya.

Untuk itu, kenali penyebab mobil mati mendadak di jalan berikut agar bisa segera tahu hal yang perlu dilakukan pertama kali ketika berada dalam kondisi darurat.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan mesin mobil mati mendadak, salah satunya kehabisan bahan bakar. Akan tetapi, jika bahan bakar mobil Anda penuh dan mesin mobil masih belum juga menyala, mungkin terdapat masalah pada komponen lainnya.


Penyebab Mobil Mati Mendadak di Jalan

Ilustrasi mobil mogokIlustrasi. Penyebab mesin mobil mati mendadak di perjalanan. KaboomPics)

Mesin mobil melibatkan banyak sekali komponen agar bisa menyala dan dijalankan. Ketika ada komponen yang mengalami masalah, mobil bisa saja mati secara tiba-tiba.

Berikut kemungkinan penyebab mesin mobil mati mendadak.

1. Kehabisan bahan bakar

Kehabisan bahan bakar menjadi salah satu penyebab utama mobil mati mendadak. Pasalnya, bahan bakar merupakan komponen penting yang digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan. Tanpa bahan bakar, mesin kendaraan tidak akan pernah bisa menyala.

Sebelum melakukan perjalanan, periksa terlebih dahulu bahan bakar mobil Anda. Ini penting untuk dilakukan supaya mobil Anda tidak mogok karena kehabisan bensin saat di jalan.

Selain itu, cobalah membiasakan untuk mengisi bahan bakar meskipun indikator belum mencapai merah. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi saat melewati daerah yang jarang ditemukan SPBU.


2. Pompa bahan bakar tersumbat

Pompa bahan bakar atau fuel pump merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju mesin.

Saat mobil mati mendadak, mungkin disebabkan karena ada penyumbatan pada pompa bahan bakar. Akibatnya, bahan bakar dari tangki tidak dapat mengalir dengan normal dan menyebabkan mesin tidak dapat menyala.


3. Mesin overheat

Mesin yang terlalu panas atau overheat kerap dialami pemilik mobil, terlebih saat melakukan perjalanan jauh. Salah satu pemicu yang paling sering terjadi adalah kondisi air radiator yang kurang. Akibatnya, mesin mobil tiba-tiba mati saat perjalanan.

Masalah mesin overheat yang disebabkan karena kurangnya air radiator ini masih bisa Anda atasi sendiri dengan mengisinya kembali. Namun, apabila masalahnya disebabkan karena kipas radiator atau water pump mati, Anda perlu meminta bantuan kepada ahlinya.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya periksa semua kondisi mesin Anda secara berkala. Terlebih saat sebelum melakukan perjalanan.


4. Masalah pada catalytic converter

Catalytic Converter merupakan bagian pada sistem pembuangan mobil yang berfungsi untuk menjaga knalpot kendaraan agar tetap jernih. Umumnya catalytic converter ini digunakan dalam mesin pembakaran berbahan bakar minyak atau diesel.

Bahan bakar yang menghasilkan kotoran berlebih akan menumpuk dan menghambat fungsi catalytic converter. Akibatnya, mobil Anda mengalami mogok di jalan.

Catalytic converter yang terawat dengan baik dapat membantu proses penyaringan menjadi lebih efisien. Maka dari itu, lakukan perawatan yang rutin pada catalytic converter agar terhindar dari masalah mobil mogok.


Penyebab mobil mati mendadak, lanjut halaman dua...

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak di Jalan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER