Fakta Toyota Vios Generasi 4 yang Bakal Masuk RI

CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 09:30 WIB
Toyota Vios terbaru akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Toyota Vios generasi keempat akan masuk Indonesia. (Foto: toyota.co.th)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yarus Ativ atau Toyota Vios generasi keempat resmi menjalani debut di Thailand. Ada dugaan Vios generasi baru akan masuk ke Indonesia setelah tersiar kabar pabrik Toyota di Karawang berhenti memproduksi Vios.

Mobil hadir dengan beragam ubahan, termasuk platform yang kini menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform yang sama sebelumnya telah diterapkan pada sejumlah produk, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, serta Toyota Avanza-Veloz dan Daihatsu Xenia.

Dari segi dimensi, Vios baru dikatakan sedikit lebih besar dari sebelumnya.

Ukurannya saat ini memiliki panjang 4.425 mm atau bertambah 5 mm, lebar 1.740 mm bertambah 10 mm, dan tinggi 1.480 mm bertambah 5 mm. Sementara jarak sumbu roda dikatakan bertambah signifikan, atau 70 mm menjadi 2.620 mm.

Hal ini diklaim membuat kabin Vios generasi anyar menjadi lebih lapang dari sebelumnya.

Kemudian dari sisi desain, generasi keempat Vios memiliki tampilan yang mengingatkan pada sedan lain milik Toyota seperti Camry dan Corolla Altis, terutama pada sisi wajah.

Kini, Vios sudah menggunakan wajah dengan gril trapesium besar, lampu berdesain tajam, hingga lekuk bodi yang membuat sedan ini tampil lebih maskulin. Sementara peleknya dibuat dengan ukuran 16 inci.

Generasi keempat Toyota Yaris Ativ atau dikenal Vios di Indonesia meluncur di Thailand, Selasa (9/9/2022).Interior Toyota Vios terbaru. (Foto: toyota.co.th)

Interior dan fitur baru Vios

Kemudian interior mobil ini terlihat lebih mewah dari sebelumnya. Misalnya layar sentuh sembilan inci sebagai head unit yang di sekelilingnya telah menggunakan lapisan lunak pada dasbor.

Lalu pengaturan AC juga sudah dibuat digital, rem parkir elektronik, serta dua sakelar untuk mengontrol sistem pencahayaan 64 warna.

Sistem pencahayaan ini yang disebut menjadi salah satu dari beberapa fitur kelas atas yang kini tersedia untuk Vios.

Kemudian kini head unit sudah dapat terintegrasi dengan Android Auto, Apple CarPlay, dan telematika T-Connect, serta tombol untuk menyalakan serta mematikan mesin.

Pesaing Honda City ini sudah dilengkapi enam airbag (depan samping, dan tirai), dan fitur keselamatan pasif lainnya seperti VSC, kontrol traksi, ABS, EBD, bantuan rem, sinyal berhenti darurat, dan bantuan start saat melalui jalan tanjakan.

Tidak lupa ada pake fitur keselamatan Toyota Safety Sense seperti Pre-Collision System (AEB), Lane Departure Alert dengan Steering Assist, Front Departure Alert, dan Pedal Misoperation Control.

Mesin

Bakal mesin yang digunakan yaitu bensin 4 silinder 3NR-VE 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 94 PS pada 6.000 rpm dan 110 Nm pada 4.400 rpm. Mesin DOHC Dual VVT-iE ini dipasangkan dengan gearbox Super CVT-i dan diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar 23,3 km per liter.

Harga

Di Thailand, Vios anyar akan dijual mulai 539 ribu bath atau sekitar Rp226 juta hingga 689 ribu bath atau sekitar Rp289 juta. Ada dugaan Vios generasi baru akan masuk ke Indonesia setelah tersiar kabar pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat berhenti memproduksi Vios.

(ryh/mik)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER