GIIAS 2022

Kenapa Mobilio Absen di GIIAS 2022 Untuk Pertama Kali? Honda Menjawab

CNN Indonesia
Minggu, 14 Agu 2022 17:35 WIB
Mobilio untuk pertama kalinya absen di gelaran GIIAS 2022. Kenapa? Honda menjawab alasan Honda Mobilio absen di GIIAS 2022. Foto: Foto. Dok. Honda Prospect Motor
Tangerang, CNN Indonesia --

Honda untuk kali pertama tidak menyertakan Mobilio dalam pameran otomotif di Tanah Air. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, mobil ini tak masuk sebagai daftar produk Honda untuk dipamerkan.

Sedangkan periode pameran otomotif tahun-tahun sebelumnya di Tanah Air, mobil ini tidak pernah absen. Honda selalu memboyong Mobilio bakal pilihan kepada pengunjung pameran.

"Iya (pameran pertama tanpa Mobilio)," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy ditemui di GIIAS 2022, Sabtu (13/8).

Mobilio diketahui resmi diperkenalkan ke Indonesia pada September 2013, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Lalu satu tahun berselang atau 2014, Mobil ini baru resmi diluncurkan.

Mobilio berhadapan dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan model lain pada segmen Low MPV.

Namun menurut Billy, absennya Mobilio pada ajang ini tidak mengisaratkan keputusan apapun dari perusahaan terkait nasib mobil ini. Ia menegaskan perusahaan masih menjual Mobilio.

"Jadi tidak maksud apa-apa, Mobilio itu masih kami jual. Tapi memang untuk sekarang, varian 7 penumpang fokus kami ke Low SUV," kata dia.

Lebih lanjut, Billy mengakui permintaan akan Mobilio di Indonesia memang mengecil. Diakuinya pangsa pasar mobil ini untuk segmen Low MPV di bawah lima persen.

Bahkan, produksi Mobilio juga kini harus dikorbankan dengan mengalah untuk mobil lain yang lebih laku, yaitu Brio.

"Ya kan semua sudah tau kalau Mobilio komponennya chip sama dengan Brio. Sementara komponen itu sekarang sedang langka. Nah Brio permintaan tinggi, maka Mobilio mengalah," katanya.

Kendati demikian, Billy memastikan produk Honda ini tetap mempunyai peminat meski berasal dari konsumen pembelian borongan atau fleet. Atas dasar itu juga Honda hanya memasarkan Mobilio dalam satu varian yaitu S bertransmisi manual.

"Ya masih lumayan 250-400 unit satu bulan. Tapi sekali lagi untuk tujuh penumpang, fokus kami ke Low SUV saat ini," kata Billy.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/lth)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER