TIPS OTOMOTIF

Mengapa Mesin Mobil di Atas 5 Tahun Butuh Oli Kental?

fea | CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 20:12 WIB
Menurut Pertamina Lubricants celah antar komponen mesin mobil lama di atas lima tahun bisa renggang karena pemakaian sebab itu butuh oli kental. Menurut Pertamina Lubricants celah antar komponen mesin mobil lama di atas lima tahun bisa renggang karena pemakaian sebab itu butuh oli kental. (Istockphoto/Ensup)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertamina Lubricants menjelaskan oli mesin mobil baru dan mobil lama di atas lima tahun berbeda. Mobil lama disebut cenderung butuh oli yang viskositas (kekentalan) lebih tinggi.

Menurut penjelasan Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist Pertamina Lubricants, hal itu karena celah antar komponen di bagian mesin akan berubah menjadi lebih renggang.

"Ini terjadi karena adanya gesekan mekanikal yang terjadi seiring pemakaian kendaraan. Dengan kata lain, celahnya tidak lagi rapat seperti mobil baru," ucap Brahma dalam keterangan resmi, Selasa (16/8).

Kata Brahma bila mobil di atas lima tahun diberikan oli terlalu encer bakal terdengar suara kasar pada mesin. Selain itu dikatakan oli encer berpotensi tak dapat melumasi dengan baik, mengganggu sirkulasi dan menguap yang berarti volumenya bisa berkurang drastis.

"Oli dengan viskositas yang kental seperti 10W-40 atau 15W-50 diperlukan supaya sirkulasi oli tetap lancar dan oli mesin dapat melumasi ke komponen bagian mesin manapun yang membutuhkan pelumasan," jelas dia.

Kebutuhan oli mesin bagi setiap kendaraan berbeda-beda, ada baiknya Anda mengonsultasikan pilihan produk kepada bengkel resmi atau ahli.

Oli yang pas dibutuhkan mesin agar tetap bekerja maksimal dan menjaganya tetap awet untuk penggunaan jangka panjang.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER