TV Analog di Jakarta Dimatikan Hari Ini

fea | CNN Indonesia
Kamis, 25 Agu 2022 10:32 WIB
Siaran tv analog di Jakarta akan dimatikan per Kamis (25/8), warga kini hanya bisa menonton siaran TV digital. Siaran tv analog di Jakarta akan dimatikan per Kamis (25/8), warga kini hanya bisa menonton siaran TV digital. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Analog Switch Off (ASO) atau suntik mati TV analog di Jakarta dimulai pada hari ini, Kamis (25/8). Jakarta dinilai paling siap melaksanakan sesuai jadwal itu dan Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kominfo) tak lagi menerapkan tiga tahap ASO.

Kominfo awalnya menerapkan ASO selama tiga tahap. Tahap pertama sudah dilakukan pada 30 April 2022, tahap kedua mulai 25 Agustus 2022 dan ketiga 2 November 2022.

Sebelumnya Kominfo menentukan ASO tahap kedua meliputi 31 wilayah layanan siaran di 110 kabupaten dan kota termasuk Jakarta. Namun karena kesiapan wilayah tak rata maka skemanya diubah menjadi multiple ASO.

Multiple ASO berarti suntik mati TV digital akan dilakukan berdasarkan kesiapan wilayah hingga batas akhir migrasi ke TV digital pada 2 November 2022. Pada 25 Agustus wilayah Jakarta dikatakan siap melakukannya.

Semua wilayah di Indonesia akan menerapkan ASO pada 2 November 2022 sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Beralih ke TV digital

Penghentian TV analog berarti kini layanan beralih ke TV digital. Artinya masyarakat yang ingin menikmati menonton siaran TV mesti memiliki televisi dengan perangkat khusus menangkap siaran digital.

Perangkat televisi bisa menonton siaran digital bila sudah dilengkapi alat pendukung Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2). Produk smart TV keluaran terbaru biasanya sudah punya alat itu.

Televisi jadul seperti model tabung juga bisa menonton siaran digital bila dilengkapi Set Top Box sebagai konverter. Pemerintah sudah menentukan 25 produk STB yang telah disertifikasi untuk digunakan masyarakat.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER