Mana Peradaban Paling Tua di Bumi, Sumeria atau Mesir Kuno?

CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 16:17 WIB
Ada peradaban yang umurnya sudah sangat tua di Bumi yakni Sumeria dan Mesir Kuno. Mana yang lebih tua? Ada peradaban yang umurnya sudah sangat tua di Bumi yakni Sumeria dan Mesir Kuno. Mana yang lebih tua? Foto: Wikimedia Commons/Rjruiziii
Jakarta, CNN Indonesia --

Peradaban manusia di Bumi telah ada selama ribuan tahun. Namun peradaban masyarakat manakah yang paling tua?

Pertanyaan soal peradaban paling tua sempat terjawab sekitar 30 tahun lalu lewat penemuan masyarakat Sumeria yang hidup sekitar 4.000 tahun sebelum masehi. Peradaban ini berada di wilayah Mesopotamia yang kini dikenal sebagai Irak.

Bangsa Sumeria mendapatkan namanya dari kota kuno Sumeria, yang terletak beberapa kilometer di selatan kota modern Kut, di Irak timur.

Para arkeolog menyebut fase Sumeria paling awal sebagai periode Uruk. Nama Uruk merujuk pada kota Uruk yang berada sekitar 80 kilometer ke barat daya, di mana banyak artefak Sumeria tertua ditemukan.

Namun bukti yang ditemukan dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa bangsa Sumeria memiliki beberapa pesaing untuk titelnya sebagai peradaban tertua, salah satunya Mesir kuno.

Sejumlah ahli berpendapat peradaban lain mungkin setua atau bahkan lebih tua dari peradaban Sumeria.

"Saya akan mengatakan bahwa Mesir dan Sumeria pada dasarnya kontemporer dalam kemunculannya," kata Philip Jones, kurator asosiasi dan penjaga koleksi di bagian Babilonia di Penn Museum Philadelphia, seperti dikutip Live Science.

Jones mengatakan perang yang terjadi selama beberapa dekade belakangan membuat arkeolog tidak dapat mengakses situs-situs penggalian di Mesopotamia. Sementara itu, arkeolog di Mesir masih terus melakukan penggalian.

Hasilnya, para arkeolog di Mesir kini telah menemukan tulisan-tulisan sedini tulisan-tulisan paling awal dari Sumeria, yang menunjukkan fase tertua peradaban Mesir kuno muncul kira-kira pada waktu yang sama dengan fase awal Sumeria sekitar 4000 SM.

Selain Sumeria dan Mesir, ada beberapa peradaban yang juga cukup tua, meski tak setua peradaban tersebut. Salah satu peradaban yang cukup tua adalah peradaban india kuno dari 3.300 SM.

Tidak seperti peradaban kuno lainnya, peradaban India kuno yang dibangun di Lembah Sungai Indus tampaknya tidak dilanda perang. Sejarawan dan arkeolog menyoroti perencanaan kota yang canggih dan terorganisir, lengkap dengan rumah bata panggang yang seragam, struktur jaringan dan sistem drainase, pembuangan kotoran, serta sistem pasokan air.

Peradaban ini di masa modern berada di wilayah India, Afghanistan, dan Pakistan.

Dilansir dari History, peradaban yang runtuh sekitar 1700 SM ini sering dikaitkan dengan migrasi yang dipicu oleh perubahan iklim atau kemungkinan pergerakan tektonik yang menyebabkan Sungai Saraswati mengering.

Selain itu, peradaban kuno lain yang pernah ditemukan adalah peradaban kuno China dari 2.000 SM, peradaban kuno Peru 1.200 SM, serta peradaban kuno Mesoamerica 1.200 SM.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER