Susul Jabodetabek, Berikut Daftar Kota Suntik Mati TV Analog

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 17:15 WIB
Kominfo segera mematikan TV analog di beberapa wilayah setelah Jabodetabek. Di mana saja? Ilustrasi. Kominfo mengungkap daerah-daerah yang segera beralih penuh ke TV digital. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa daerah segera menyusul kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jababodetabek) untuk beralih sepenuhnya ke siaran TV digital. Apa saja?

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut Jabodetabek migrasi penuh ke siaran digital pada 5 Oktober 2022. Analog Switch Off (ASO) sendiri secara nasional paling lambat dilakukan pada 2 November 2022.

"Setelah Jabodetabek, bersiap Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, setelah itu di luar Jawa ada Medan, Banjarmasin, Bali, Palembang, dan Makassar," kata Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia, di kantornya, Jakarta, Jumat (23/9).

Meski demikian, ia tak memerinci kapan seluruh wilayah itu akan bermigrasi ke siaran digital. Pihaknya hanya menjelaskan kriteria untuk menilai kesiapan wilayah yang bisa diberlakukan.

Pertama, masyarakat di daerah tersebut melihat siaran analog sehari-harinya. Kedua, warga di daerah terkait bisa melihat siaran TV digital dengan coverage minimal sama dengan siaran TV analog.

Ketiga, distribusi alat Set Top Box sudah tersebar.

"Nah ada 40 wilayah layanan lagi yang sudah terdistribusi STB-nya. Kita melihat perkembanganya seperti kriteria yang tadi," kata Geryantika.

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken menambahkan hingga 2 November 2022 ASO akan dilakukan di 112 wilayah siaran yang terdiri atas 341 daerah administratif Kabupaten/Kota.

Sementara itu, 90 wilayah layanan telah disiapkan infrastruktur multipleksing (MUX) agar masyarakat di daerah tersebut sudah bisa migrasi ke siaran televisi digital.

"Untuk 22 wilayah layanan yang belum mendapat siaran digital, saat ini sedang dilakukan pembangunan multipleksing oleh LPP TVRI melalui pembiayaan negara. Sehingga dalam waktu dekat, masyarakat di daerah-daerah tersebut segera akan mendapatkan siaran digital," ungkap Niken.

Untuk diketahui Jabodetabek akan mematikan siaran TV analog pada 5 Oktober mendatang. Berikut daftar wilayahnya:

- Kota Adm. Jakarta Pusat

- Kota Adm. Jakarta Utara

- Kota Adm. Jakarta Barat

- Kota Adm. Jakarta Selatan

- Kota Adm. Jakarta Timur

- Kabupaten Adm. Kep. Seribu

- Kabupaten Bekasi

- Kabupaten Bogor

- Kota Bekasi

- Kota Bogor

- Kota Depok

- Kabupaten Tangerang

- Kota Tangerang

- Kota Tangerang Selatan

(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER