PeduliLindungi Hilang dari Gojek dkk, Simak Cara Check-in via Browser

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 17:30 WIB
PeduliLindungi bisa diakses via browser usai hilang dari app Gojek, Shopee, Tokopedia, dkk. Simak cara check-in via peramban. PeduliLindungi bisa diakses via browser. (dok. screenshot Pedulilindungi)
Jakarta, CNN Indonesia --

PeduliLindungi menghilang dari sejumlah aplikasi populer karena kerja sama yang sudah berakhir. Namun, platform pemantauan Covid-19 itu menawarkan fitur check-in via browser atau peramban.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencoba mempermudah akses pengguna aplikasi PeduliLindungi untuk check-in dengan menghadirkan fitur scan di peramban.

"Kami telah menambahkan fitur scan QR code pada situs www.pedulilindungi.idyang dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat untuk check-in di ruang publik," ujar Chief of Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (27/9), seperti dikutip Antara.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa (27/9) pukul 15.00 WIB, fitur check in sudah tersedia di situs www.pedulilindungi.id ketika dibuka dengan peramban seperti Google Chrome dan Samsung Internet.

Setiaji mengatakan fitur web check-in dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terkendala mengakses aplikasi karena keterbatasan perangkat maupun memori. Dengan demikian fitur web check-in menjadi alternatif saat terjadi kesulitan untuk check-in di ruang publik melalui aplikasi.

Dia berharap masyarakat tetap disiplin melakukan check-in di ruang publik sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan adanya fitur baru dari PeduliLindungi.

Pengguna, lanjutnya, juga tetap dapat menginstal aplikasi untuk tetap aktif memanfaatkan berbagai fitur di aplikasi PeduliLindungi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, di kemudian hari aplikasi PeduliLindungi akan diproyeksikan sebagai aplikasi kesehatan masyarakat.

"Karena saat ini PeduliLindungi sedang bertransisi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat yang kedepannya akan menghadirkan berbagai fitur kesehatan lainnya selain terkait COVID-19," tuturnya.

Salah satu hal yang nantinya akan disediakan oleh aplikasi PeduliLindungi adalah rekam medis pengguna.

"PL akan menjadi citizen health apps #GakCumaCovid19. Masyarakat bisa mengakses data-data rekam medisnya melaluiPL," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (29/7).

Cara check-in PeduliLindungi dengan website:

1. Buka situs www.pedulilindungi.id

2. Log in dengan email atau nomor ponsel

3. Masukkan OTP yang dikirimkan ke ponsel

4. Pilih check-in pada halaman depan

5. Izinkan peramban untuk mengakses kamera

6. Arahkan ponsel pada QR Code yang tersedia di tempat

7. Lakukan check-in

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER