Whatsapp Call Links, Fitur Baru Gabung Video Call Sekali Klik

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 10:00 WIB
Whatsapp Call Links menjadi fitur baru dari Whatsapp yang membuat pengguna bisa bergabung video call hanya dengan mengklik sebuah link. Whatsapp meluncurkan fitur baru Whatsapp Call Links. Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp akan mengeluarkan fitur baru WhatsApp Call Links baru yang memungkinkan pengguna untuk join group call hanya dengan klik atau tap pada link yang dibagikan.

Lewat fitur terbaru ini, pengguna Whatsapp akan dapat membagikan sebuah tautan (link) kepada pengguna lainnya. Mereka yang mengklik link tersebut akan dapat bergabung dalam sebuah panggilan suara maupun panggilan video.

Dilansir dari The Verge, fitur baru ini sebelumnya telah diumumkan CEO Meta Mark Zuckerberg lewat halaman Facebooknya.

"Kami mengeluarkan link panggilan di Whatsapp, dimulai dari pekan ini sehingga Anda bisa membagikan link untuk memulai panggilan dengan satu ketukan. Kami juga mengetes panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Akan ada lebih banyak lagi," kata Zuckerberg pada April.

Fitur link panggilan ini akan mendukung panggilan video dan audio. Perluasan jumlah panggilan yang dapat memuat hingga 32 orang ini membuat Whatsapp dapat bersaing dengan Google Meet, Microsoft Teams dan Zoom.

Namun sejauh ini, ketiga kompetitor itu masih unggul dalam hal kapasitas peserta panggilan. Google Meet dan Microsoft Teams bisa menampung hingga 100 orang, sementara Zoom 300 orang.

Akan tetapi, ketiga aplikasi tersebut membatasi durasi panggilan untuk akun yang menggunakannya secara gratis. Hal ini yang lantas diprediksi dapat menjadi celah bagi Whatsapp untuk masuk.

Sayangnya, WhatsApp Call Link juga memiliki kekurangan lain, yakni WhatsApp tidak memungkinkan penjadwalan untuk panggilan dengan link ini.

Meski demikian, kehadiran fitur baru ini membawa cara baru untuk berkomunikasi dengan platform WhatsApp.

Untuk mengakses WhatsApp Call Links, pengguna dapat membuka kolom panggilan yang ada di aplikasi WhatsApp lalu memilih opsi "Creat Call Link."

Setelah mengakses opsi tersebut, pengguna dapat membagikan link panggilan suara atau panggilan video yang dibuat ke keluarga, teman, atau kerabat.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER