Kenapa Elon Musk Bisa Kaya Banget?

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 06:30 WIB
Orang terkaya dunia Elon Musk memiliki harta yang ditaksir bernilai Rp4.000 triliun. Bagaimana bisa dia begitu makmur? Elon Musk menjadi manusia terkaya di dunia dengan kekayaan hampir Rp4.000 triliun. (Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke)
Jakarta, CNN Indonesia --

Elon Musk tercatat punya kekayaan hingga US$263,2 miliar lebih atau nyaris Rp4.000 triliun. Jumlah itu menempatkan CEO SpaceX itu sebagai orang terkaya di dunia. Bagaimana dia bisa bergelimang harta?

Pria berusia 51 tahun tersebut sudah memulai bisnisnya sejak tahun 1990-an. Mengutip Wall Street Journal, bisnis Musk yang pertama adalah Zip2, yang dibuatnya bersama adik laki-lakinya, Kimbal Musk.

Zip2 merupakan bisnis berbasis internet yang membantu koran-koran menjadi online. Mengutip Time, Musk dan Kimbal lalu merekrut para investor dan berhasil menjalin kesepakatan dengan koran ternama seperti The New York Times.

Musk kemudian menjual Zip2 pada 1999 kepada Compaq yang membuatnya mengantongi uang $22 juta pada usia 27 tahun. Sebanyak $1 juta dari penjualan itu dipakai Musk untuk membeli McLaren F1. "Itu tak konsisten dengan sikap saya yang lainnya," kata Musk.

Pada usia 31 tahun, Musk sudah mengantongi $100 juta setelah menjual PayPal garapannya bersama Peter Thiel. Musk menjual PayPal kepada eBay seharga $1,4 miliar.

Sebelum penjualan itu, Musk sempat dipecat sebagai CEO karena ketidaksepahaman dengan dewan direksi. Meski begitu, Musk tetap mengantongi $180 juta dari hasil penjualan tersebut.

Uang dari PayPal itu kemudian digunakan Musk membangun SpaceX yang kini menjadi bisnis andalannya. Pembangungan SpaceX sudah dilakukan Musk pada 2002.

Pilihan Musk membangun bisnis eksplorasi ruang angkasa terbukti tepat. Pada tahun 2008, SpaceX punya nilai hingga $100 miliar dan memenangkan kontrak untuk bekerjasama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Dua tahun setelah membangun SpaceX, Musk menjadi investor pertama yang menanamkan modalnya ke Tesla. Perusahaan itu sendiri dibangun pada 2003 oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Tiga tahun setelah berdiri, Tesla merilis mobil pertama mereka bernama Roadster. Namun baru pada 2012, Tesla untuk pertama kalinya menjual massal mobil Model S.

Kemudian, Tesla menjual Model X yang tergolong mobil SUV (Sport Utility Vehicle) pada 2015, disusul Model 3 pada 2017. Hingga kini, Model 3 menjadi model paling laris dari Tesla.

Pada 2010, Tesla mulai go public dengan market cap mencapai $1,33 miliar. Valuasi tersebut membuat kekayaan bersih Musk mendekati $300 miliar.

Musk terus melebarkan bisnisnya. Pada 2016 misalnya, ia memulai Boring Company, yang bergerak di bidang penggalian terowongan, serta Neuralink yakni perusahaan rintisan di bidang teknologi neuro.

Melansir Forbes, kenaikan kekayaan Musk tercatat paling signifkan terjadi antara tahun 2020 hingga tahun ini. Pada 2020, kekayaan Musk mencapai $24,6 miliar sebelum meroket ke angka US$263,2 miliar.

Kekayaan Elon Musk kini diuji dalam proses akuisisi Twitter yang dibawa ke pengadilan. Pasalnya, ia ingin menarik diri dari kesepakatan dan sempat berjuang mendapat uang tunai dan merayu pemodal. 

[Gambas:Video CNN]

(lth/arh)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER