iOS 16 Dikeluhkan Bikin Baterai iPhone Boros

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 16:40 WIB
Sejumlah pengguna iPhone yang memakai iOS 16 mengeluhkan kondisi baterai mereka. Kapan pembaruannya dilakukan? Sejumlah pengguna iOS 16 mengeluhkan kondisi baterai mereka. (Foto: Tangkapan Layar web apple.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pengguna iPhone melaporkan borosnya baterai gawai mereka usai menggunakan sistem operasi terbaru iOS 16.

Baru diluncurkan selama dua pekan, iOS 16 dikeluhkan oleh sejumlah pengguna terkait masalah baterai yang cukup parah.

Saat memperbarui iPhone ke versi iOS baru, biasanya ada masalah sementara pada masa pakai baterai beberapa waktu setelah menginstal pembaruan itu. Hal ini dikarenakan iOS melakukan hal-hal di latar belakang seperti mengindeks ulang file, foto, aplikasi, dan beberapa hal lain.

Namun, masalah baterai iPhone pada iOS 16 kali ini sangat menonjol karena iOS 16 adalah sebuah pembaruan besar-besaran. Isu ini menyebabkan deretan keluhan baterai boros dari pengguna.

Dalam jajak pendapat pembaca 9to5Mac pekan lalu, 63 persen pengguna iPhone mengaku baterai mereka lebih boros setelah menginstal iOS 16.

"Baterai saya terkuras jauh lebih banyak dari biasanya. Saya bekerja di kantor dan tidak banyak menggunakan iPhone 13 saya di siang hari, tidak ada yang berubah dalam perilaku saya. Di iOS 15 saya kebanyakan pulang dengan sisa 85% - 90%. Dengan iOS 16 antara 65% - 75%. Itu menurut saya cukup BANYAK ketika hampir tidak menggunakan ponsel saya," tulis seorang pengguna di Reddit, seperti dikutip 9to5mac.

Seorang pengguna lain bahkan menyebut baterainya sangat boros dengan perbandingan waktu pakai yang sangat jauh,

"Baterai pada 13 pro max sangat boros. Itu berubah dari 11-12 jam SOT menjadi hanya 7 jam dan iPhone sangat lag ketika saya melakukan facetime atau PiP, bahkan lag secara keseluruhan. Saya tahu perlu beberapa hari agar ponsel menjadi normal kembali, tetapi sudah hampir seminggu. Saya berencana untuk kembali ke 15.7 tetapi saya mungkin perlu beberapa pendapat terlebih dahulu," ujar seorang pengguna lain di Reddit.

Setelah semua pengindeksan ulang latar belakang selesai, masalah pada sistem operasi baru iPhone biasanya mereda. Namun, iOS 16 disebut mengalami masalah terlalu lama.

Versi awal iOS 16 adalah iOS 16.0 untuk semua iPhone yang didukung, sedangkan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro memiliki pembaruan iOS 16.0.1 yang mengatasi beberapa masalah untuk iPhone terbaru. Pekan lalu, Apple merilis iOS 16.0.2, yang mengatasi guncangan kamera pada iPhone 14 Pro, permintaan salin dan tempel yang bermasalah, dan banyak lagi.

Dilansir dari MacRumors, belum tampak kehadiran iOS 16.0.3 yang diberikan untuk mengatasi masalah yang ada, termasuk masalah baterai. Saat ini Apple sendiri tengah melakukan uji coba pada pengguna Beta untuk iOS 16.1 yang kemungkinan diluncurkan Oktober.

Penyebab masalah ini sendiri masih belum diketahui. Dikutip dari Forbes, pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sudah mengidentifikasi pengurasan baterai yang tinggi dari layar mereka yang selalu aktif.

Apple sendiri belum merespons permintaan komentar soal masalah ini.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER