iPhone 14 Tak Laku, Apple Kendorkan Produksi

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 09:10 WIB
iPhone 14 versi standar ternyata tak laku di pasaran. Apple mengendorkan produksi iphone 14 karena tak laku di pasaran. Foto: Matcuz/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia --

Ponsel pintar terbaru dari Apple iPhone 14 tidak terlalu laku di pasaran, sehingga membuat raksasa teknologi ini membatalkan rencana untuk mengebut produksinya.

Dilansir dari Bloomberg, Apple sebelumnya berencana untuk mengebut produksi seri iPhone 14 dengan total tambahan 6 juta unit. Namun, permintaan atas perangkat ini tak kunjung meningkat ke angka yang diharapkan, sehingga membuat Apple memerintahkan sejumlah pemasoknya untuk membatalkan rencana tersebut.

Dengan demikian, produksi gawai terbaru yang dirilis bersamaan dengan Airpods Pro Gen 2 serta seri Apple Watch 8 ini akan kembali ke target semula, yakni 90 juta unit.

iPhone 14 sendiri hadir dalam empat varian, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus yang menawarkan layar lebih besar, iPhone 14 Pro yang menawarkan chipset terbaru A16 bionic, serta iPhone 14 Pro Max.

Dilansir dari GSM Arena, keempat varian ini memiliki popularitas yang berbeda. iPhone 14 dan iPhone 14 Pro yang menawarkan desain baru memiliki banyak penggemar, tetapi model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus kurang begitu memiliki penggemar.

Menurut seorang sumber di Apple, hal ini membuat setidaknya satu pemasok Apple memfokuskan produksinya untuk dua model Pro iPhone 14.

Lebih lanjut, China disebut sebagai salah satu masalah yang membuat iPhone 14 tidak laku. Pasalnya, negara yang merupakan pasar yang sangat penting bagi Apple ini sedang mengalami penurunan ekonomi. Sejumlah smartphone merek lokal bahkan mengalami nasib serupa.

Kondisi ekonomi yang buruk menyebabkan pembelian 11 persen lebih rendah dalam tiga hari pertama ketersediaan iPhone 14 dibandingkan dengan saat peluncuran iPhone 13 tahun lalu.

Permintaan global juga turun di tengah meningkatnya inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

Hal lain yang disebut membuat iPhone 14 tak laku adalah iPhone 14 dan 14 Plus sendiri. Kesenjangan antara dua model standar iPhone 14 dan dua model Pro lebih besar daripada yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, peningkatan dua model standar juga tidak terlalu besar.

Di sisi lain, sejumlah pengguna iPhone 14 juga mengeluhkan masalah pada perangkatnya. Salah satunya adalah soal getar pada kamera iPhone 14 Pro ketika dipakai untuk TikTok dan Snapchat. 

Salah satu pengguna denganakun twitter, @LukeMiani mengunggah masalah getaran itu. Dalam video unggahannya, terlihat kamera iPhone 14 Pro Max milik Miani tampak bergetar cukup kencang. Hasil tangkapan kamera saat digunakan di Snapchat pun buram.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER