Apple Pelanggan Terbesar Chip 'Made in America', iPhone Lebih Canggih?

CNN Indonesia
Rabu, 07 Des 2022 19:33 WIB
iPhone hingga MacBook bakal pake chip 'made in America' usai pembukaan pabrik chip baru di Phoenix, Arizona. Makin kenceng? CEO Apple Tim Cook mengaku jadi pelanggan terbesar pabrik chip baru AS. (Foto: REUTERS/CARLOS BARRIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple berencana untuk mulai menggunakan prosesor buatan Amerika Serikat setelah pembukaan pabrik chip baru di Phoenix, Arizona, AS.

Dengan fasilitas baru hasil kerja sama dengan pabrikan semikonduktor Taiwan, TSMC, ini, pasokan chip untuk perusahaan teknologi asal AS itu dianggap lebih aman, dengan waktu produksi yang lebih cepat.

"Silikon Apple membuka tingkat kinerja baru bagi pengguna kami. Dan banyak dari chip [yang dihasilkan] ini bisa diberi cap 'Made in America'. Pembukaan pabrik TSMC di Arizona menandai era baru manufaktur canggih di AS - dan kami bangga menjadi pelanggan terbesar di lokasi tersebut," kata Cook lewat ciwitanya.

Tim Cook dan Presiden AS Joe Biden pun hadir dalam acara pembukaan pabrik di Phoenix dalam gelaran "tool-in" TSMC, menandai kedatangan peralatan produksi ke fasilitas pertama di pabrik produksi.

Biden mengatakan Apple biasanya harus membeli semua chip canggih dari luar negeri.

"Chip ini akan memberi daya pada iPhone dan MacBook, seperti yang dapat dibuktikan oleh [CEO Apple] Tim Cook," kata Presiden AS Joe Biden di pabrik Arizona, Selasa (6/12) waktu AS, dikutip dari The Verge.

TSMC adalah perusahaan khusus yang membuat dan merancang chip untuk perusahaan lain. Perusahaan seperti Apple, AMD, dan NVIDIA adalah beberapa pelanggan terbesarnya, bahkan Intel mengandalkan TSMC untuk membuat prosesor tercanggih.

Pabrik Phoenix pertama akan membuat prosesor 4 nanometer (nm) dengan produksi dijadwalkan akan dimulai pada 2024.

Pabrik kedua akan beroperasi pada 2026 dan memproduksi chip 3 nm, yang merupakan prosesor terkecil dan terkompleks dalam produksi saat ini.

Secara keseluruhan, TSMC mengatakan akan menginvestasikan US$40 miliar, yang merupakan salah satu investasi asing langsung terbesar yang pernah dilakukan di manufaktur AS.

Kedua pabrik tersebut akan menghasilkan lebih dari 600 ribu chip setiap tahun pada 2026, yang menurut pejabat Gedung Putih akan cukup untuk memenuhi seluruh permintaan AS akan chip canggih.

Pimpinan perusahaan Apple, AMD, dan NVIDIA mengonfirmasi mereka akan menjadi pelanggan pertama yang membeli chip dari pabrik di Arizona.

"TSMC telah menjadi platform global tempat industri teknologi dunia dibangun. Membawa investasi TSMC ke Amerika Serikat adalah pukulan telak dan pengembangan yang mengubah permainan untuk industri ini," kata CEO NVIDIA Jensen Huang.

Pelanggan TSMC tidak mengungkapkan berapa banyak chip yang mereka rencanakan untuk dibeli. Namun, chip 3 nm dan 4 nm buatan pabrik Arizona diklaim akan lebih canggih daripada yang mereka gunakan saat ini.

Chip A16 Apple yang digunakan di iPhone 14 Pro dan Pro Max dan chip M2 untuk MacBook, keduanya dibuat dengan teknologi prosesor 5 nm.

Pada saat pabrikan Arizona ini beroperasi, TSMC segera memproduksi chip yang lebih canggih di fasilitas luar negeri. Perusahaan berencana untuk memproduksi chip 2 nm pada 2025, menurut Nikkei Asia.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER