11 Cara Memaksimalkan Fitur Rahasia WhatsApp tanpa Aplikasi Tambahan

tim | CNN Indonesia
Kamis, 12 Jan 2023 10:00 WIB
WhatsApp merupakan layanan pesan instan yang memiliki sejumlah fitur tersembunyi. Simak cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp! Ilustrasi. Cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp tanpa aplikasi tambahan (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp merupakan layanan pesan instan yang memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang belum banyak diketahui penggunannya. Anda juga bisa mencoba cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp tersebut.

Pasalnya, fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan penggunaan aplikasi. Terlebih jika WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang Anda gunakan setiap hari.

Dengan mengetahui fitur-fitur yang tersembunyi tersebut, Anda dapat memaksimalkan penggunaan WhatsApp. Berikut ini fitur dan cara-caranya.

1. Pesan berbintang

İstanbul, Turkey - July 14, 2015: Hands holding a iPhone 6 Plus displaying WhatsApp messaging application. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.Ilustrasi. Cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp tanpa aplikasi tambahan, salah satunya pesan berbintang (istockphoto/hocus-focus)

Starred message atau pesan berbintang merupakan fitur untuk menandai pesan atau percakapan tertentu. Untuk menandai pesan penting, pengguna hanya perlu menyentuh pesan selama beberapa detik hingga muncul tanda bintang (*) pada header WhatsApp tepat di antara ikon 'balas' dan 'hapus'.

Ketika ingin melihat pesan yang ditandai bintang, Anda cukup menyentuh menu titik tiga vertikal di sisi kanan atas. Kemudian pilih menu 'starred messages' atau 'pesan dibintangi'.

2. Sematkan percakapan

Sematkan percakapan atau pin merupakan fitur yang akan memunculkan percakapan dengan seseorang atau grup sebagai prioritas sehingga akan selalu muncul di bagian teratas. Dengan begitu, Anda akan selalu melihat percakapan tersebut meski tidak ada pesan baru yang muncul.

Adapun cara untuk mengaktifkannya yakni dengan menyentuh atau menahan salah satu percakapan, lalu klik tanda pin di sisi atas. Anda dapat menyematkan maksimal tiga percakapan.

3. Sembunyikan centang biru

Centang biru merupakan penanda bahwa penerima pesan sudah membuka dan membaca pesan pengirim. Anda dapat menonaktifkan centang biru tersebut.

Caranya dengan membuka Pengaturan>Akun>Privasi>Untick Read Receipts. Jika mematikannya, Anda juga tidak akan mendapat tanda terima baca centang biru saat mengirim pesan kepada orang lain.

4. Mention anggota grup

Untuk memanggil salah satu teman di grup WhatsApp, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur mention. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni mengetik tanda @, kemudian masukkan nama anggota grup yang hendak dipanggil.

5. Berhenti unduhan otomatis

Foto dan video yang dibagikan teman di WhatsApp biasanya secara otomatis akan langsung diunduh dan tersimpan dalam galeri ponsel. Anda dapat menonaktifkan unduhan otomatis ini.

Caranya dengan masuk ke Pengaturan>Penggunaan data dan penyimpanan>Media auto download>Pilih foto, audio, video, atau dokumen yang hendak dihentikan unduh otomatis.

Anda dapat memilih matikan, unduh otomatis saat terhubung WiFi, atau unduh otomatis saat terhubung WiFi dan seluler.

6. Ubah huruf jadi lebih menarik

Ilustrasi handphoneIlustrasi. Cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp tanpa aplikasi tambahan, salah satunya ubah huruf jadi lebih menarik (iStock/solidcolours)

Cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp berikutnya adalah dengan mengubah huruf atau font agar jadi lebih menarik dan tampak berbeda. Dengan fitur ini, pengguna dapat memberi penekanan lain pada pesan dengan huruf tebal, miring, dan coret.

Untuk huruf tebal, cukup dengan menambahkan tanda bintang (*) di kedua sisi kata atau frasa. Untuk memiringkan, cukup tambahkan garis bawah. Sementara untuk mencoret, Anda bisa menggunakan tilde (~).

7. Kunci WhatsApp

Tidak banyak orang tahu kalau WhatsApp memiliki fitur rahasia yakni mengunci aplikasi. Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengatur akun WhatsApp untuk meminta autentikasi Face ID atau Touch ID saat membuka WhatsApp, bahkan saat perangkat sudah tidak terkunci.

Caranya, masuk ke Pengaturan>Akun>Privasi>Kunci Layar>aktifkan Face ID atau Touch ID. Lalu pilih durasi waktu yakni segera, setelah satu menit, setelah 15 menit, atau setelah satu jam.

8. Membisukan grup

Pengguna juga dapat menonaktifkan notifikasi grup dengan pilihan selama delapan jam, seminggu, atau selamanya. Caranya dengan mengetuk dan tekan tahan grup yang ingin dibisukan>pilih simbol mute pada bagian layar>pilih waktu yang diinginkan.

9. Melihat detail pesan

Anda juga dapat melihat detail pesan. Cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp ini menyediakan informasi jam berapa pesan terkirim dan terbaca oleh penerima.

Bagi pengguna iPhone, Anda bisa menggeser ke kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat detail informasi tersebut. Sementara untuk pengguna Android, Anda bisa menekan tahan chat yang ingin disorot, lalu pilih ikon bertanda seru.

10. Menyembunyikan last seen

Pengguna lain dapat mengetahui kapan terakhir kali Anda online dengan melihat fitur last seen atau terakhir dilihat. Jika ingin menyembunyikan status agar teman atau kontak tidak mengetahui aktivitas online, Anda dapat membuka Pengaturan>Akun>Privasi>Terakhir Dilihat (last seen).

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kategori yang diinginkan seperti Semua Orang, Kontak Saya, atau Tidak Ada.

11. Membatasi privasi

Apabila Anda tidak ingin semua orang mengetahui status online, foto, atau informasi akun, hingga status, Anda dapat memilih orang yang ingin dibatasi.

Untuk pengguna Android, Anda bisa buka Menu>Setelan>Akun>privasi. Ubah pengaturan visibilitas data pribadi. Sementara bagi pengguna iOS, buka Pengaturan>Privasi>Ubah Pengaturan sesuai kehendak.

Itulah cara memaksimalkan fitur rahasia WhatsApp yang bisa Anda coba.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER