Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

CNN Indonesia
Sabtu, 21 Jan 2023 11:41 WIB
Akun WhatsApp terkadang perlu dihapus karena misalnya kena hack oknum. Simak cara melakukannya di sini. Ilustrasi. Menghapus akun Whatsapp kadang menjadi langkah yang harus dilakukan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski penting, nomor kontak WhatsApp kadang perlu dihapus karena misalnya nomor sudah bocor ke publik, kena hack oknum, atau jadi sasaran spam. Simak cara melakukannya berikut.

Secara global, WhatsApp, yang menginduk pada raksasa teknologi Meta ini, sudah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna. Di Indonesia, menurut World Population Review, ada 84,8 juta pengguna WhatsApp.

Hal itu membuat Indonesia menjadi negara ketiga pengguna WhatsApp terbanyak setelah Brasil, dan India. 

WhatsApp menggunakan nomor ponsel sebagai identitas, sehingga pengguna akan kesulitan jika kehilangan akses pada nomor tersebut. Pasalnya, nomor tersebut akan dibutuhkan jika pengguna ingin memindahkan akun WhatsApp ke perangkat lain.

Masalah itu dapat diatasi dengan mengubah nomor ponsel di bagian Pengaturan atau membuat akun WhatsApp baru dengan nomor baru. Jika pengguna membuat akun baru dengan nomor baru, pengguna dapat membiarkan akun lamanya atau menghapus akun tersebut agar tak menjadi sampah digital.

WhatsApp sendiri memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus akunnya.

Menghapus akun WhatsApp dapat dilakukan dari bagian Pengaturan atau Settings. Perlu dicatat bahwa akun yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi. Dilansir dari laman dukungan WhatsApp, berikut cara menghapus akun WhatsApp Anda:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel

2. Buka Settings

3. Pilih Account

4. Pilih Delete My Account

5. Masukkan nomor ponsel Anda dan klik Delete My Account.

Sebagai catatan, penghapusan akun akan menghapus semua komponen yang ada di akun Anda, mulai dari info akun dan foto profil, mengeluarkan dari semua grup, hingga menghapus riwayat obrolan yang telah dicadangkan.

Dilansir Engadget, proses penghapusan secara penuh membutuhkan waktu hingga 90 hari.

Lebih lanjut, WhatsApp menyebut pihaknya mungkin menyimpan beberapa data seperti log tertentu di basis datanya bahkan setelah Anda menghapus akun, tetapi data tersebut akan dipisahkan dari informasi pengenal apa pun sehingga tidak dapat lagi ditautkan ke akun Anda.

Selain itu, WhatsApp juga dapat menyimpan informasi Anda untuk hal-hal seperti masalah hukum, pelanggaran persyaratan, atau upaya pencegahan bahaya.

[Gambas:Video CNN]

(lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER