Apple Rilis iOS 16.3, Apa Saja Fitur Barunya?

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 08:45 WIB
Apple merilis iOS 16.3 pada Rabu (25/1) dinihari WIB. Perusahaan yang berbasis di California itu menyematkan beberapa fitur baru. Apple merilis iOS versi terbaru yakni iOS 16.3 (Arsip Apple via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple resmi merilis iOS 16.3 untuk semua perangkat yang mendukung pembaruan tersebut. Apa saja fitur terbarunya?

Melansir GSM Arena, iOS terbaru ini dilengkapi dukungan untuk kunci keamanan (Security Keys) untuk Apple ID. Fitur itu membuat pengguna bisa menerapkan otentikasi dua faktor secara fisik saat masuk (log in) ke Apple ID mereka.

Apple juga menyematkan fitur Emergency SOS pada iOS 16.3. Fitur ini sebetulnya sudah diperkenalkan pada acara Apple, September lalu.

Lihat Juga :

Seperti dikutip Cnet, pada iOS 16.3 opsi Call with Hold (panggil dengan tahan) digantikan Call with Hold and Release (panggil dengan tahan dan lepas).

Jika pengguna mengaktifkan fitur Call with Hold and Release, pengguna dapat menahan tombol di samping (side button) dan tombol volume untuk memulai hitung mundur serta alarm.

Setelah hitung mundur itu, pengguna dapat melepaskan tombol untuk membuat iPhone melakukan panggilan darurat secara mandiri.

Pada versi sebelumnya, pengguna lewat Call with Hold harus menekan tombol samping dan volume untuk menghadirkan penggeser (slider) Emergency SOS.

Setelahnya, jika pengguna menahan dua tombo tersebut, hitung mundur akan berakhir dan ponsel Anda akan membuat panggilan darurat.

Lebih lanjut, Apple juga menambal celah keamanan yang terdapat pada versi sebelumnya. Pada iOS 16.3 Apple memberikan tambalan itu untuk Apple Mobile File Integrity, ImageIO, Kernel, Mail, Maps, Safari, dan WebKit.

Melansir 9to5mac, contoh celah keamanan yang ada aplikasi cuaca (Weather app) bisa membuat peretas masuk ke preferensi privasi pengguna yang jadi targetnya.

Selain itu, Apple juga telah menutup dua celah keamanan pada WebKit yang menjadi penggerak untuk Safari serta peramban lain di iOS. Berikut daftar pembaruan pada iOS 16.3.

- Wallpaper baru untuk menghargai sejarah orang kulit hitam dalam rangka perayaan Black History Month.

- Security Keys untuk Apple ID yang membuat pengguna dapat lebih menguatkan keamanan akun masing-masing dengan cara menerapkan kunci keamanan fisik sebagai bagian dari otentikasi dua faktor.

- Emergency SOS yang kini diterapkan dengan cara menahan tombol samping bersama dengan tombol volume naik atau turun kemudian melepasnya supaya mencegah panggilan darurat yang tak disengaja.

- Menuntaskan masalah di Freeform.

- Menuntaskan masalah wallpaper yang kadang menjadi hitam di Lock Screen.

- Menuntaskan masalah di mana garis horizontal mungkin terkadang muncul ketika mengaktifkan iPhone 14 Pro Max.

- Menuntaskan masalah widget di Home Lock Screen yang kadang tidak akurat menampilkan status aplikasi di Home.

- Menuntaskan masalah Siri yang kadang tidak merespon dengan tepat permintaan untuk musik

- Menyelesaikan masalah Siri dalam fitur CarPlay.

(lth/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER