Memahami Ciri-Ciri dan Karakteristik Lagu Daerah

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 10:00 WIB
Lagu daerah memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda dengan lagu atau musik modern. Berikut ciri-ciri dan karakteristik lagu daerah. Ilustrasi. Lagu daerah memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda dengan lagu atau musik modern. Berikut ciri-ciri dan karakteristik lagu daerah. (iStockphoto/NicolasMcComber)
CNN Indonesia --

Indonesia begitu kaya dengan keberagaman lagu daerah yang berasal dari ujung barat hingga timur Nusantara. Hampir setiap daerah memiliki lagu daerah yang menjadi aset kekayaan budaya masing-masing wilayah.

Terdapat beragam ciri-ciri dan karakteristik lagu daerah yang membuatnya istimewa.

Sebagai salah satu warisan budaya, keberadaan lagu daerah tentu harus dilestarikan. Lagu daerah sendiri merupakan sebuah lagu yang berasal dari sebuah daerah dan terkenal di masyarakat dari daerah itu sendiri.

Lagu daerah ini biasanya banyak dinyanyikan pada saat upacara adat atau perayaan adat tertentu. Berkat kemajuan teknologi, kini beberapa lagu daerah juga terdengar dan dikenal di berbagai daerah di tanah air.

Lagu daerah memiliki ciri-ciri dan karakteristik dibandingkan lagu atau musik modern, mulai dari bahasa, irama dan musik, hingga instrumen yang digunakan.

Selain itu, fungsi dari lagu daerah juga tak hanya sebagai sarana hiburan semata, tetapi juga untuk pengiring ritual atau upacara tradisional di daerah tersebut.

Lirik dari lagu daerah ini pada umumnya juga berisi tentang nasehat dan juga bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas berkah yang diberikan.

Supaya lebih jelas, berikut ciri-ciri dan karakteristik lagu daerah, dirangkum dari berbagai sumber.

Ciri-Ciri Lagu Daerah

Lagu daerah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan lagu lain.

Hal ini berkaitan dengan bahasa, aspek budaya yang melatarbelakangi penciptaan lagu, dan alat musik yang digunakan. Berikut lima ciri-ciri lagu daerah.

1. Bahasa

Ciri-ciri lagu daerah yang pertama adalah mengenai bahasa. Sebagaimana namanya, lagu daerah menggunakan bahasa dari daerah itu berasal. Hal inilah yang menjadi ciri khas dan yang membedakan lagu daerah satu dengan daerah lainnya.

2. Budaya

Pada umumnya, lagu daerah itu merupakan sebuah gambaran dari kebudayaan yang terdapat di dalam daerah tersebut. Tak jarang, lagu daerah ini juga menjadi salah satu elemen penting pada, keseharian hingga kegiatan perayaan atau upacara adat.

3. Musik pengiring

Alat musik khas daerah menjadi salah satu unsur yang membuat lagu daerah menjadi unik. Peranan dari alat musik khas daerah tak bisa dipisahkan dari lagu daerah tersebut. Contohnya, lagu daerah Jawa Tengah umumnya diiringi gamelan.

4. Lirik

Pada setiap lagu daerah biasanya memiliki lirik sederhana, misalnya tentang tata cara kehidupan, adat istiadat setempat, atau keindahan alam.

Selain itu, tak jarang lagu daerah juga sarat akan pesan atau nasihat untuk para pendengarnya. Selain pesan, terdapat juga ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan.

5. Cengkok

Perbedaan bahasa setiap daerah tentu juga memengaruhi cara lagu daerah itu disampaikan, termasuk juga dalam cengkok atau lenggak-lenggoknya suara berdasarkan jenis lagunya.

Cengkok inilah yang membuat sebuah lagu daerah unik dan sangat cocok apabila dinyanyikan oleh orang dari daerah tersebut.

Karakteristik Lagu Daerah

Setidaknya terdapat empat karakteristik dari lagu daerah di nusantara yang beraneka ragam. Karakteristik lagu daerah inilah yang membuat lagu daerah itu menjadi semakin unik dan spesial.

1. Disebarkan secara lisan

Pada awalnya, lagu daerah ini disebarkan secara lisan. Hal inilah yang membuat persebaran dari lagu daerah tersebut menjadi lambat dan cenderung hanya di daerah itu saja.

2. Kedaerahan

Nuansa kedaerahan sangat kental dalam lagu daerah. Tak hanya terletak pada bahasa saja, namun juga pada cengkok dan dialek yang juga bersifat kedaerahan.

3. Jarang diketahui penciptanya

Karakteristik lagu daerah berikutnya terdapat pada penciptanya. Jika umumnya lagu atau musik modern diketahui penciptanya, tidak demikian dengan lagu daerah.

Pada lagu daerah lumrahnya tidak dicantumkan pengarangnya alias anonim. Sebab pada saat itu, mereka menganggap musik yang diciptakan merupakan milik bersama dan menjadi bagian dari daerah tersebut.

Hanya lagu yang diciptakan oleh kalangan tertentu saja yang biasanya diketahui. Misalnya karya tokoh terkenal atau kalangan bangsawan.

4. Warisan turun-temurun

Lagu daerah kebanyakan diciptakan sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Sebagai bagian dari kebudayaan, lagu daerah dipelajari secara lisan dan diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Demikian ciri-ciri dan karakteristik lagu daerah yang ada di Indonesia yang membuat kebudayaan tanah air makin beragam. 

(ahd/fef)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER