Pengembangan Bandara

Bandara Supadio Layani 1,5 Juta Penumpang

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Selasa, 11/11/2014 06:54 WIB
Bandara Supadio Layani 1,5 Juta Penumpang Pesawat milik maskapai Lion Air parkir di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II , Palembang, Sumsel, 6 November 2014. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyelesaikan pengembangan kapasitas terminal penumpang Bandara Supadio, Pontianak. Pengembangan luas terminal penumpang dari 6.700 meter persegi menjadi 13 ribu meter persegi ditargetkan mampu melayani 1,5 juta pergerakan penumpang per tahun dari sebelumnya hanya 875 ribu penumpang per tahun.

Candra Dista, General Manager Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio menjelaskan pengembangan terminal bandara yang dikelolanya dilakukan untuk mengimbangi peningkatan jumlah penumpang.

"Kami sudah melakukan simulasi penggunaan terminal baru hasil pengembangan mulai kemarin untuk menyambut kedatangan penumpang dari kota-kota lain di Kalimantan dengan pesawat ATR yang dioperasikan oleh Kalstar Aviation, Garuda Indonesia, dan Trigana Air Service," ujar Candra ketika dihubungi, Selasa (11/11).


Menurutnya, jika setelah simulasi dilakukan selama satu pekan dan terminal baru dinilai sudah siap beroperasi penuh, nantinya seluruh kedatangan dan keberangkatan penerbangan domestik akan dipindahkan ke terminal tersebut.

Candra mengatakan pengembangan Bandara Supadio masih akan dilanjutkan ke tahap 2 pada tahun depan. "Pengembangan tahap 2 ditargetkan selesai 2016, nantinya total luas terminal menjadi 32 ribu meter persegi dan mampu melayani 2,5 juta penumpang per tahun. Total investasi yang dikeluarkan Angkasa Pura II untuk mengembangkan Supadio sekitar Rp 370 miliar." ujarnya.

Bandara Supadio saat ini melayani 80 pergerakan pesawat per hari dengan rute penerbangan dari dan menuju Bandung, Surabaya, Medan, Batam, Balikpapan, Palangkaraya, Jakarta, Ketapang, serta Kuching dan Johor Bahru (Malaysia).