Jepang akan Dukung Proyek Infrastruktur Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2015 15:51 WIB
Jepang akan Dukung Proyek Infrastruktur Indonesia Pertemuan bilateral Indonesia-Jepang membahas berbagai isu termasuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. (CNN Indonesia/Setpres/Cahyo)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pemerintahnya terus mendukung pembangunan infrastruktur karena akan mendorong pembangunan wilayah.

“Pembangunan Indonesia penting bagi kemajuan regional, kami terus memberi dukungan kepada Indonesia,” kata PM Abe dalam pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia di sela-sela KTT ASEN di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (22/11).

Abe mengatakan bahwa Jepang akan terus menjalin hubungan strategis dengan Indonesia dalam berbagai sektor, terutama infrakstruktur.


“Beberapa waktu lalu saya sudah bertemu Bapak Presiden, kami terus menjalin hubungan strategis,” kata Abe.

Presiden Joko Widodo mendiri menyatakan senang bertemu dengan PM Jepang setelah sebelumnya bertemu di KTT G-20 di Turki.

“Besok malam, kami akan menerima pengusaha dan tokoh dari Jepang sebanyak 1.000 orang di Jakarta,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip ANTARA.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia akan memberi bintang jasa kehormatan kepada tokoh Jepang yang berjasa bagi Indonesia.

Media sempat mengabarkan hubungan Indonesia-Jepang sempat terganggu setelah pemerintah Indonesia membatalkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang diminati oleh pemerintah China dan Jepang.

Pemerintah Joko Widodo akhirnya menyerahkan proyek ini kepada kementerian BUMN yang memilih untuk menerima tawaran investasi dari China, yang dikabarkan membuat pemerintah Jepang tidak puas. (ANTARA/yns)


ARTIKEL TERKAIT