Dianggap Berjasa, Peter Gontha Raih Penghargaan dari Citibank

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Senin, 10/07/2017 23:59 WIB
Dianggap Berjasa, Peter Gontha Raih Penghargaan dari Citibank Peter F. Gontha dianggap memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan komunitas. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Citibank menganugerahkan penghargaan kepada pengusaha Peter F Gontha atas kontribusinya terhadap masyarakat dan komunitas. Penghargaan diserahkan oleh CEO Citibank untuk Kawasan Asia Pasifik, Fransisco Aristequieta dalam gelaran temu mantan bankir perseroan, Citi Indonesia Alumni Network, Senin (10/7) malam.

Peter, yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Polandia, pernah berkarier di Citibank pada 1975 hingga 1979. Jabatan tertingginya kala itu adalah Asisten Wakil Presiden.

Tidak hanya Citibank Indonesia, Peter sempat berkarir di kantor cabang Citibank di beberapa kota di berbagai negara, antara lain Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Athena (Yunani), hingga New York (Amerika Serikat).
Peter bersyukur mendapatkan apresiasi dari 'almamaternya'. Bagi Peter, Citibank adalah sebuah lembaga yang mengeluarkan uang untuk mendidik orang.


Terbukti, lanjut Peter, mantan bankir perseroan kini banyak yang sukses di dunia profesional maupun pemerintahan. Dua diantaranya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.

"Citibank mengajarkan saya segala hal yang dibutuhkan untuk bisa menjalani kehidupan," tutur Peter.
Dari bank asal Amerika Serikat ini, Peter mengaku belajar hal teknis keuangan, kedisiplinan, dan kemampuan untuk melihat perkembangan dunia ke depan. 

Peter mengaku tak keberatan menyebut dirinya sebagai 'kacung profesional' bagi pengusaha besar dan negara. Beberapa nama yang pernah menggunakan keahliannya dalam mengembangkan bisnis diantaranya pengusaha Prayogo Pangestu, bos Lippo James Riady dan anak mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo.

"Kita harus berterus terang, saya ini bukan pengusaha, saya ini profesional. Saya mengembangkan bisnis orang menjadi bertambah besar. Saya berterimakasih kepada orang-orang itu karena telah memberikan kesempatan kepada saya," ujar pria kelahiran Semarang, 69 tahun silam ini

Kini, Peter telah mensejajarkan namanya dengan deretan pengusaha sukses di Indonesia. Bisnis yang digelutinya bergerak lintas sektor mulai dari media, hiburan, teknologi hingga properti.

Selain berbisnis, Peter juga menyalurkan kecintaannya pada musik jazz dengan menggagas festival tahunan kelas dunia, Java Jazz Festival.
Peter bukan satu-satunya mantan pegawai yang mendapat penghargaan. Tahun ini, Citi Alumni Network menganugerahkan 25 penghargaan kepada mantan pegawai Citibank yang sukses di seluruh dunia.

Selain Peter, mantan bankir Citibank asal Indonesia yang tahun ini mendapatkan penghargaan sejenis adalah pendiri dan Direktur Utama pertama PT Bank Mandiri Tbk, alm. Robby Djohan.

Turut hadir dalam Citi Indonesia Alumni Network, Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan dan CCO Citibank Indonesia Batara Sianturi.


ARTIKEL TERKAIT