JK Akan Melayat Sukamdani Sahid Sebelum Disemayamkan

Christie Stefanie & Setyo Aji Harjanto, CNN Indonesia | Kamis, 21/12/2017 13:31 WIB
JK merupakan rekan satu profesi, yakni pengusaha. Kedua sempat tergabung dalam organisasi pengusaha, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. JK merupakan rekan satu profesi, yakni pengusaha. Kedua sempat tergabung dalam organisasi pengusaha, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melayat pemilik jaringan hotel Sahid Sukamdani Sahid Gitosardjono siang ini, Kamis (21/12). Hal itu dikonfirmasi langsung Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi. 

"Iya. Kami mau pergi yang ke Imam Bonjol. Kami menunggu. Setidaknya, setelah makan siang," ujarnya di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12).

Ia mengatakan, memiliki kesan tersendiri dengan Sukamdani. Apalagi, ia sempat berada dalam satu organisasi, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), saat dipimpin Sukamdani.


Sukamdani sempat menjadi Ketua Umum Kadin selama dua periode yakni 1982-1985 dan 1985-1988.

Menurutnya, Sukamdani mampu berkompromi dengan banyak pengusaha, sehingga mereka mau bersama Kadin membangun perekonomian Indonesia. 

"Dia bisa gabungkan kelompok perusahaan besar. Pembangunan ekonomi nomor satu. Dia yang membuat kami bisa membuka hubungan dengan China," tutur Sofyan. 

Ia melanjutkan, Sukamdani cukup berkontribusi bagi kepentingan nasional. Sehingga, Indonesia disebut bangga memiliki pengusaha seperti Sukamdani.

Pagi tadi, Sukamdani menghembuskan napas terakhirnya di umur 89 tahun. Ia akan dimakamkan di Pondok Pesantren Modern Sahid, Jl Dasuki Bakri KM6, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Panutan di Kalangan Pengusaha

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan, Sukamdani merupakan seorang pengusaha yang mampu mendorong pengusaha hotel lokal untuk bersaing dengan asing.

“Sebagai operator hotel, beliau menggunakan brand Sahid dan mampu bersaing dengan operator luar dan mampu mendorong para hotelier yang ada untuk bisa mengelola hotel itu sendiri,” katanya mengenang.

Selain mandiri, sambung Enggar, Sukamdani juga dikenal sebagai seorang yang bersahaja dengan kepedulian yang tinggi terhadap dunia usaha di dalam negeri.

“Sukamdani adalah pengusaha sukses yang tidak berlebihan atau sombong. Ia seorang sosok panutan. Ia juga memimpin dunia usaha dengan sangat baik,” imbuhnya.

Sofyan juga menyoroti hubungan Sukamdani dengan sang istri yang harmonis hingga usia senja. Menurutnya, hubungan keduanya indah karena selalu mendampingi satu sama lain. (bir)


BACA JUGA