BTMU Targetkan Kantongi 40 Persen Saham Bank Danamon di 2018

Dinda Audriene Mutmainah, CNN Indonesia | Kamis, 28/12/2017 08:59 WIB
BTMU Targetkan Kantongi 40 Persen Saham Bank Danamon di 2018 BTMU menargetkan mengantongi 73,8 persen saham Bank Danamon. Melalui perjanjian jual beli saham bersyarat, akuisisi dilakukan secara bertahap. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah).
Jakarta, CNN Indonesia -- The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (BTMU), bank yang bermarkas di Jepang, menargetkan dapat mengantongi 40 persen saham PT Bank Danamon Tbk pada kuartal II hingga kuartal III tahun depan.

Saat ini, BTMU mengempit sekitar 19,9 persen saham Bank Danamon usai kedua pihak menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat. BTMU sendiri membidik mengantongi 73,8 persen saham Bank Danamon yang dilakukan secara bertahap.

CEO BTMU for Asia & Oceania Takayoshi Futae bilang, manajemen terus berdiskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menuju akuisisi tahap kedua jadi sebesar 40 persen.


"Kami akan teruskan komunikasi dengan OJK. Kami yakin, OJK akan mengawal ini. Maka, kami optimistis bisa mengakuisisi hingga 40 persen," ujarnya, Rabu (27/12).

Apabila akuisisi saham Bank Danamon sebesar 40 persen terealisasi, maka entitas dari The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd (MUFG) ini akan melakukan langkah selanjutnya untuk mencapai akuisisi hingga 73,8 persen.

"Yang pasti, fokus ke tahap kedua dulu. Itu target tahun 2018," jelasnya.

Perjalanan BTMU untuk merealisasikan rencananya menjadi pemegang saham mayoritas di Bank Danamon tentunya tidak mudah. Mengacu pada Peraturan OJK Nomor 56/POJK.03.2016 tentang kepemilikan saham bank umum, penyesuaian dari Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/8/PBI/2012 disebutkan bahwa di Indonesia memiliki ketentuan terkait batasan kepemilikan saham pada bank umum.

Lebih detil aturan itu mengungkap, maksimal kepemilikan saham di bank sebesar 40 persen bagi lembaga keuangan, 30 persen pada perusahaan non-keuangan, dan 20 persen pada perorangan.

Sebagai informasi, BTMU akan membeli saham Bank Danamon sebesar 19,9 persen dengan harga Rp8.323 per saham. Selanjutnya, perusahaan akan kembali mngoleksi saham Bank Danamon sebesar 20,1 persen pada tahap kedua sebelum nantinya menggenggam 73,8 persen. (bir)