Tahap Pertama Rampung, MUFG Beli 19,9 Persen Saham Danamon

Lavinda, CNN Indonesia | Sabtu, 30/12/2017 11:38 WIB
Tahap Pertama Rampung, MUFG Beli 19,9 Persen Saham Danamon The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG) akhirnya membeli 19,9 persen saham Bank Danamon dari pemegang saham utamanya, Asia Financial Indonesia. (Ilustrasi/REUTERS/Yuya Shino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank asal Negeri Sakura The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd (MUFG) akhirnya menyelesaikan transaksi pembelian 19,9 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk dari pemegang saham utamanya, Asia Financial Indonesia Pte, Ltd (AFI).

Hal itu disampaikan Head of Corporate Communications Bank Danamon Atria Rai melalui keterangan tertulis, Jumat (29/12).

"Kami telah menerima pemberitahuan dari pemegang saham utama AFI, bahwa MUFG, badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group Inc telah menyelesaikan pembelian saham Danamon," ungkapnya.

Dalam keterangannya, dia menyampaikan, transaksi pada tahap selanjutnya akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham. Transaksi tahap kedua juga memerlukan syarat yang perlu dipenuhi perseroan.


Sebelumnya, perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan AFI dan entitas terafiliasi lain dengan jumlah keseluruhan 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Investasi akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Pertama, MUFG membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp8.323 per saham.

Selanjutnya, MIFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak terkait.

Terakhir, MUFG berencana mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen dari total saham yang sudah diterbitkan. Hal itu akan memberi kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima dana tunai dari pemegang saham baru. Jika disetujui, MUFG berharap bisa memiliki saham Danamon lebih dari 73,8 persen dari total efek yang ada.

Sebagai informasi, Bank yang mengelola aset mencapai sekitar Rp170 triliun itu didirikan pada 1956. Saat ini, Danamon memiliki dua anak usaha di bidang keuangan, yakni PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, dan PT Asuransi Adira Dinamika. (lav/bir)