IHSG Mendapat Topangan dari Data Indeks Kepercayaan Konsumen

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Kamis, 06/09/2018 06:46 WIB
IHSG Mendapat Topangan dari Data Indeks Kepercayaan Konsumen Ilustrasi. CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak positif pada perdagangan Kamis (6/9) ini. Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya dalam risetnya mengatakan pergerakan positif indeks akan tertopang oleh rilis indeks kepercayaan konsumen Agustus 2018 yang diperkirakan akan baik.

"Terlihat akan memberikan pengaruh positif terhadap pergerakan IHSG walaupun belum akan berpengaruh signifikan," katanya seperti dikutip Kamis (6/9).

Di samping indeks kepercayaan konsumen, pada perdagangan hari ini IHSG juga akan mendapatkan pengaruh dari aksi tunggu pasar terhadap rilis data cadangan devisa Bank Indonesia. Nantinya, data tersebut akan berpengaruh terhadap pola gerak IHSG dalam jangka waktu pendek.




"Potensi untuk mengalami rebound teknikal akan terlihat pada pergerakan IHSG hari ini," katanya.

Atas sentimen-sentimen tersebut, William memperkirakan pada perdagangan Kamis ini IHSG akan bergerak di kisaran 5.611-5.802. Senada dengan William, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi memperkirakan IHSG akan mendapat topangan dari faktor teknikal. 

Walaupun demikian katanya, pergerakan IHSG masih bersifat konsolidasi. Ia memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini akan bergerak di level 5.800-5.950.

Informasi saja, IHSG kemarin turun cukup dalam hingga ke level 5.683 atau turun 3,75 persen. Penurunan tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan indeks di bursa saham Asia.

Hampir serupa, mayoritas indeks di bursa saham Wall Street juga merosot tadi malam. Tercatat, hanya Dow Jones yang naik sebesar 0,09 persen, sementara S&P500 dan Nasdaq Composite masing-masing terkoreksi 0,28 persen dan 1,19 persen.

(agt/agt)


BACA JUGA