Investor Buru Saham Murah, IHSG Diramal Tetap di Zona Hijau

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 07:33 WIB
Investor Buru Saham Murah, IHSG Diramal Tetap di Zona Hijau Ilustrasi pergerakan saham. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali menguat pada pertengahan pekan ini, Rabu (14/11). Potensi indeks untuk mengarah ke area 6.000 pun kian terbuka lebar.

Yuganur Wijanarko, Analis KGI Sekuritas Indonesia mengatakan sejumlah pelaku pasar sedang memburu saham murah (bargain hunting). Hal ini terjadi usai IHSG sempat anjlok pada akhir pekan lalu.

"Aksi jual kaum beruang tertahan oleh bargain hunting dari kaum banteng sehingga penurunan IHSG tertahan diatas level psikologis 5.750," papar Yuganur dalam risetnya.


Kebangkitan indeks kemarin, kata Yuganur, merupakan pertanda IHSG akan mencoba kembali untuk menembus level resistance 5.900 hari ini. Ia meramalkan secara bertahap, IHSG bergerak di level resistance 5.900 hingga 6.016.

Sementara, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menjelaskan gejolak harga komoditas akan mewarnai pergerakan pasar saham dalam negeri. Kemudian, pelaku pasar juga akan menanti data penjualan roda empat bulan lalu.

"IHSG masih terlihat cukup kuat untuk kembali menanjak di tengah tekanan yang sedang berlangsung, support level terlihat cukup kuat dan tahan uji," papar William melalui risetnya.


Bila terjadi koreksi wajar, William menyarankan kepada pelaku pasar untuk melalukan akumulasi beli atau melakukan pembelian secara bertahap dengan target investasi jangka panjang. Hari ini, IHSG diprediksi bergerak dalam rentang support 5.740 dan resistance 5.988.

Sebagai informasi, IHSG kemarin melesat satu persen ke level 5.835. Pelaku pasar asing di pasar reguler tercatat beli bersih (net buy) sebesar Rp119,5 miliar.

Di sisi lain, bursa saham Wall Street terkoreksi tadi malam. Dow Jones dan S&P500 masing-masing melemah sebesar 0,4 persen dan 0,15 persen, sedangkan Nasdaq Composite ditutup stagnan.


(aud/agi)


BACA JUGA