Bertemu JK, Putra Mahkota Saudi Jelaskan Kasus Khashoggi

ulf, CNN Indonesia | Sabtu, 01/12/2018 14:14 WIB
Bertemu JK, Putra Mahkota Saudi Jelaskan Kasus Khashoggi Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu pangeran Mohammed bin Salman. (Tim Media Wapres)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) di sela-sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Argentina. Dalam pertemuan itu, Mohammed bin Salman menyampaikan isu meninggalnya wartawan Jamal Khashoggi.

"Putra Mahkota menjelaskan bahwa saat ini proses hukum terus berjalan dan sekitar 11 orang sudah ditangkap terkait kasus tersebut," ujar JK dalam keterangan resmi, Sabtu (1/12).
Dalam pertemuan bilateral ini, Wapres didampingi oleh Menpan RB Syafruddin, Menkominfo Rudiantara, dan Wamenlu Mohammad Fachir dan Sekretaris Wapres Mohammad Oemar.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Theresa May juga berencana mengangkat isu pembunuhan Jamal Khashoggi dengan pangeran Arab Saudi di KTT G20.
Kunjungan pangeran Salman ke pertemuan negara-negara industri tersebut dipenuhi dengan kontroversi karena adanya pembunuhan jurnalis Arab Saudi Khashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul Oktober lalu.
"Saya berniat untuk berbicara dengan pangeran Arab Saudi. Pesan yang akan saya sampaikan akan sangat jelas... yaitu isu Jamla Khashoggi, tapi juga ada isu Yaman," kata Theresa May kepada wartawan dalam penerbangan menuju Buenos Aires seperti dikutip dari Reuters, Jumat (30/11).
Sebelumnya, pembunuhan kolumnis Washington Post yang merupakan seorang pengkritik pangeran Arab Saudi, telah menegangkan hubungan Arab Saudi dengan Barat dan menampar citra pangeran Mohammed Salman di muka negara lain. Arab Saudi mengatakan tidak bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.



(dea)