Bank Sentral Eropa Tahan Bunga Acuan Hingga Akhir Tahun

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 07:00 WIB
Bank Sentral Eropa Tahan Bunga Acuan Hingga Akhir Tahun Ilustrasi Euro. (Pixabay/martaposemuckel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Sentral Eropa (ECB) menanggapi dengan berani kekhawatiran akan perlambatan zona euro dengan mengumumkan pada Kamis (7/3) bahwa suku bunga acuannya akan tetap hingga akhir tahun ini.

Lembaga ini mengejutkan para pengamat dengan mengatakan bahwa suku bunga utama akan tetap pada posisi terendah saat ini "setidaknya sampai akhir 2019".

Dikutip dari AFP, tingkat bunga refinancing utama ECB saat ini berada pada nol persen, tingkat bunga fasilitas pinjaman kecil di 0,25 persen dan tingkat deposito pada minus 0,4 persen, yang berarti bahwa bank membayar untuk memarkir uang di ECB. Sampai sekarang, ECB telah mengatakan suku bunga akan tetap selama musim panas. 



Perubahan dalam bahasa menunjukkan para pembuat kebijakan lebih khawatir daripada yang dipikirkan pasar tentang momentum global yang lebih lemah karena ketidakpastian Brexit, gesekan perdagangan yang dipimpin AS, dan pertumbuhan China yang lamban.

ECB juga mengejutkan para pengamat dengan mengumumkan gelombang ketiga dari pinjaman ultra-murah ke bank dengan harapan dapat menghindari krisis likuiditas saat perlambatan mulai menggigit.

Skema yang disebut TLTRO atau program operasi refinancing jangka panjang ini ditargetkan untuk mendorong bank tetap memberikan pinjaman bisnis dan individu dengan menawarkan suku bunga yang menarik.


Paket TLTRO-III akan dimulai pada September dan berakhir pada Maret 2021, menawarkan pinjaman dua tahun untuk membantu "menjaga kondisi pinjaman bank yang menguntungkan", kata ECB dalam sebuah pernyataan.

ECB telah meminjamkan bank lebih dari 700 miliar euro atau sekitar US$790 miliar di bawah putaran TLTRO sebelumnya. (AFP/agi)