KPPU Telisik Dugaan Persaingan Tak Sehat Lion Air di Jasa Pos

CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 15:12 WIB
KPPU Telisik Dugaan Persaingan Tak Sehat Lion Air di Jasa Pos Ilusttrasi KPPU. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah menyelidiki dugaan diskriminasi yang dilakukan maskapai Lion Air di industri jasa pengiriman, logistik, dan pos di Batam. Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih mengungkapkan penyelidikan dilakukan karena Lion Air diduga memberikan perlakuan istimewa terhadap Lion Express.

Sebagai informasi Lion Express merupakan anak usaha mereka yang bergerak di bidang jasa pengiriman, logistik dan pos. Perlakukan istimewa yang diberikan Lion Air dianggap tidak adil bagi pesaing Lion Express yang juga merupakan konsumen layanan kargo maskapai.


"Dalam prinsip persaingan, seyogyanya, semua pelaku usaha yang berbisnis (pakai) kargo Lion Air harus diperlakukan secara sehat persaingannya. Jadi tidak diskriminasi meskipun kepada anak perusahaan sendiri," ujarnya, Selasa (23/4).


Guntur mengatakan investigator sudah memiliki alat bukti yang relevan terkait dugaan tersebut. Namun, bukti tersebut belum bisa diungkap oleh Guntur.

Dihubungi terpisah, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro belum bisa memberikan komentar atas dugaan tersebut. Pasalnya, ia belum mengetahui mengenai duduk persoalan dari penyelidikan yang dilakukan oleh KPPU.

"Terkait dugaan diskriminasi saya belum bisa memberikan komentar," ujar Danang.

[Gambas:Video CNN]
(sfr/agt)