Jepang Ajak Indonesia 'Tolak Proteksionisme' di Forum G20

CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 17:14 WIB
Jepang Ajak Indonesia 'Tolak Proteksionisme' di Forum G20 Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan Pemerintah Jepang mengajak Indonesia untuk mendukung penolakan terhadap proteksionisme dalam sistem perdagangan internasional. Sikap penolakan itu akan dibicarakan di pertemuan forum negara-negara G20 yang digelar di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Enggar usai melakukan pertemuan dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Hiroshige Seko di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (29/5). Pertemuan itu juga dihadiri oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.

"Mereka minta dalam kesepakatan G20 Indonesia bisa memiliki kesamaan sikap soal proteksionisme di multilateral sistem perdagangan dan kami sampaikan hal yang sama bahwa itu bagian penting dalam pembahasan G20 nanti," ujar Enggar usai pertemuan.

Menurut Enggar, Indonesia memiliki sikap yang sama dengan pemerintah Jepang, yaitu menolak proteksionisme karena potensi mengganggu kelancaran hubungan perdagangan internasional. Padahal, perdagangan menjadi sumber ekonomi bagi seluruh negara di dunia.


Sayangnya, aksi proteksionisme justru tengah dilakukan oleh berbagai negara. Salah satunya, Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam itu tengah mengurangi impor dari berbagai negara, khususnya dari mitra dagang terbesar mereka, China.

Lebih lanjut, penolakan terhadap proteksionisme merupakan salah satu bentuk reformasi aturan main yang diusulkan kedua negara kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). "Kami sepakat untuk reformasi WTO, tapi bagaimana proses dan jalannya, itu jadi pembahasan selanjutnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Jepang memang sudah menunjukkan penolakannya terhadap aksi proteksionisme yang berkembang beberapa waktu terakhir. Sebab, dianggap mengganggu kelancaran perdagangan internasional dan perekonomian dunia.

[Gambas:Video CNN]
Selain itu, Jepang pernah berpandangan bahwa proteksionisme memunculkan ketidakseimbangan global yang menjadi salah satu topik yang pernah dibahas forum G20.

Teranyar, AS menerapkan proteksionisme terhadap produk impor dari China dengan nilai US$200 miliar. Pada proteksionisme ini, AS mengenakan tarif bea masuk sebesar 25 persen terhadap produk impor dari Negeri Tirai Bambu tersebut.


(uli/bir)