AS Beri Sanksi Tarif Impor 5 Persen ke Meksiko

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 10:28 WIB
AS Beri Sanksi Tarif Impor 5 Persen ke Meksiko Presiden AS Donald Trump. (CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk mengenakan sanksi tarif sebesar 5 persen untuk seluruh barang yang berasal dari Meksiko mulai 10 Juni mendatang. Pengenaan tarif akan dilakukan hingga Meksiko bisa menghentikan imigran ilegal yang melintasi perbatasan kedua negara tersebut.

"Tarif secara bertahap akan meningkat hingga masalah imigrasi ilegal diperbaiki. Pada saat itu, maka tarif akan dihapus," ujar Trump melalui akun Twitter-nya dikutip dari Reuters, Jumat (31/5).


Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, Trump mengatakan tarif impor untuk barang-barang Meksiko akan dinaikkan menjadi 10 persen pada 1 Juli. Lalu sebesar 15 persen pada 1 Agustus, 20 persen pada 1 September, dan 25 persen pada 1 Oktober.


"Kerja sama pasif Meksiko dalam memungkinkan 'serangan masal' (membiarkan imigran ilegal) melintas perbatasan Meksiko-AS) merupakan ancaman darurat dan luar biasa bagi keamanan dan ekonomi AS," kata Trump dalam pernyataan itu.


Trump menyebut Meksiko memiliki undang-undang imigrasi yang sangat kuat dan sebenarnya dapat dengan mudah menghentikan aliran ilegal para migran, termasuk mengembalikan para imigran ke negara asal mereka.

[Gambas:Video CNN] (Reuters/agi)