Demi Mudik Lancar, Menhub Usul Pencairan THR Dipercepat

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 17:29 WIB
Demi Mudik Lancar, Menhub Usul Pencairan THR Dipercepat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usul pembayaran THR saat Lebaran bisa dipercepat agar arus mudik tak macet. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar ke depan pembayaran tunjangan hari raya (THR) kepada pekerja saat Lebaran bisa dipercepat. Usulan diberikan agar ke depan arus mudik Lebaran bisa berjalan lebih lancar.

Selain THR, Budi juga mengatakan pihaknya juga mengusulkan agar evaluasi juga dilakukan terhadap waktu cuti bersama. Usul diberikan terkait pelaksanaan kegiatan arus mudik dan balik pada Lebaran 2019 ini.


"Ke depan, kami masih banyak  yang harus dikoordinasikan dengan baik, makanya kami usulkan soal THR pemberiannya bisa dilakukan lebih awal dan kita harus mengatur waktu cuti," katanya Jumat (14/6).


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub Sugihardjo mengatakan cuti dan pembayaran THR perlu dievaluasi karena kedua masalah tersebut cukup berkaitan erat dengan arus mudik Lebaran. 

Catatan kementeriannya, para pekerja biasanya akan mengambil cuti kalau THR sudah cair. Dengan kata lain, kalau THR dibayarkan pengusaha pada waktu yang mepet, maka pekerja akan mepet mudiknya. 

Waktu yang pendek tersebut, membuat pekerja pulang kampung pada waktu yang bersamaan. Kondisi tersebut membuat penumpukan arus lalu lintas di jalan susah untuk dicegah. 

"Makanya (untuk menghindari itu) pak menteri mengatakan pemberian THR jauh hari sebelumnya dan pengaturan cuti supaya puncaknya terdistribusi tidak di 1-2 hari tertentu. Baiknya begitu," katanya.

[Gambas:Video CNN] (ulf/agt)