Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen Melambat

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 11:44 WIB
Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen Melambat Ilustrasi Bank Indonesia. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Survei Bank Indonesia (BI) melansir Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2019 berada di level optimis, yakni sebesar 126,4. Namun, keyakinan konsumen lebih rendah apabila dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 128,2.

Melemahnya IKK Juni 2019 terjadi pada seluruh kategori pengeluaran responden. Enam kota tercatat mengalami penurunan IKK, tiga di antaranya bahkan turun paling dalam, yaitu Surabaya, Denpasar, Bandung.

Maklumlah, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pun melemah dari 142,9 pada Mei 2019 menjadi 138,1 pada Juni 2019. Melemahnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan disebabkan oleh penurunan kondisi usaha, penghasilan, dan ketersediaan tenaga kerja pada 6 bulan mendatang.

Menurut catatan BI, penurunan IEK terjadi di 7 kota, dengan penurunan paling dalam di Surabaya, Bandung, dan Bandarlampung.


Namun demikian, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini menguat dari bulan sebelumnya. Peningkatan IKE ditopang oleh menguatnya keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama, termasuk penghasilan saat ini dibanding kondisi 6 bulan sebelumnya.

Hasil survei BI juga mengindikasikan menurunnya tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan mendatang (September 2019). Penurunan tersebut didorong oleh terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya kegiatan distribusi barang.

Sementara itu, tekanan harga dalam 6 bulan mendatang (Desember 2019) diperkirakan meningkat yang dipengaruhi oleh permintaan konsumen terhadap barang dan jasa menjelang akhir tahun.
[Gambas:Video CNN]


(bir)