Ombudsman Nilai Darmin Terlalu Campuri Urusan Tiket Pesawat

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 17:47 WIB
Ombudsman Nilai Darmin Terlalu Campuri Urusan Tiket Pesawat Anggota Ombudsman RI Alvin Lie menilai Menko Perekonomian Darmin Nasution sudah intervensi tiket pesawat terlalu jauh. (CNN Indonesia/Bintoro Agung).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ombudsman RI menilai Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution telah terlalu jauh mencampuri urusan pengaturan tiket pesawat. Anggota Ombudsman RI Alvin Lie mengatakan Darmin sudah mencampuri ranah korporasi dalam penentuan kebijakan harga tiket pesawat yang dilakukan belakangan ini.

Campur tangan terlalu jauh kata Anggota Ombudsman RI Alvin Lie bisa dilihat dari intervensi dan pengaturan yang dilakukan Darmin terhadap penurunan harga tiket pesawat beberapa waktu lalu.


Sebagai informasi, Kamis (11/7) lalu pemerintah meminta maskapai berbiaya murah (LCC) seperti, Citilink dan Lion Air untuk menggelar diskon tiket pesawat. Besaran diskon mencapai 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk jadwal penerbangan domestik.


Diskon diberikan pada penerbangan Selasa, Kamis, Sabtu  pada periode pukul 10.00-14.00. Alvin mengatakan pengaturan harga tiket tersebut terlalu jauh. Pengaturan soal diskon, rute, jam tersebut merupakan ranah dari perusahaan penerbangan.


"Itu terlalu jauh, Kementerian Perhubungan saja tidak berani melakukan itu, padahal itu ranahnya menteri perhubungan," katanya di Jakarta, Rabu (17/7).

Alvin mengatakan kewenangan pemerintah berkaitan dengan kisruh tiket pesawat yang terjadi belakangan ini sebenarnya membangun koridor mengenai batasan tarif.

"Kewenangan pemerintah membangun koridor tarif batas atas dan batas bawah. Kalau tidak melanggar itu ya sudah, berikan keleluasaan bagi pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya," katanya. 

[Gambas:Video CNN] (sah/agt)