Perdagangan Bebas, AS-Jepang Bakal Bikin Petani 'Happy'

CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 10:20 WIB
Perdagangan Bebas, AS-Jepang Bakal Bikin Petani 'Happy' Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (REUTERS/Frank Robichon/Pool).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang diyakini membawa hasil yang menggembirakan, terutama bagi para petani dan produsen otomotif. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi.

Motegi selaku perwakilan Jepang melangsungkan pembicaraan dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer. Keduanya diperkirakan bertemu menjelang pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Kami telah mengadakan negosiasi berdasarkan kepercayaan satu sama lain. Saya sama sekali tidak khawatir dengan hal-hal di masa yang akan datang," ujar Motegi kepada NHK, seperti dilansir Reuters, Minggu (22/9).

Trump dan Abe diharapkan mencapai kesepakatan tentang tarif impor untuk produk-produk pertanian dan perdagangan digital pada pertemuan pekan depan di New York, AS. Namun, rincian lengkap perjanjian perdagangan kedua negara belum diungkap.

Sebelumnya, AS dan Jepang menyepakati elemen inti dari kesepakatan perdagangan bebas. Kesepakatan ini dipercaya akan mendinginkan perselisihan perdagangan antar kedua negara sekutu tersebut.

Diketahui, Trump sempat mengancam untuk menaikkan tarif pada mobil Jepang, termasuk produk hasil pertanian.

Jika kesepakatan antara AS dan Jepang tercapai, diperkirakan gesekan perdagangan tidak meluas setelah memanasnya perang dagang AS dengan China.
[Gambas:Video CNN]


(Reuters/bir)