Edhy Prabowo 'Jago' Silat yang Ganti Susi Pudjiastuti

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 09:06 WIB
Edhy Prabowo 'Jago' Silat yang Ganti Susi Pudjiastuti Edhy Prabowo. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi memutuskan untuk menunjuk Edhy Prabowo menjadi menteri kelautan dan perikanan

Edhy Prabowo merupakan pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, 24 Desember 1971. Ia merupakan politikus Partai Gerindra sekaligus rekan dari Prabowo Subianto.

Sebelum menjajaki dunia politik, Edhy merupakan atlet silat nasional dan pernah meraih sejumlah kejuaraan baik tingkat nasional maupun mancanegara. Namanya kian berjaya setelah menjuarai perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON).


Selain menjadi atlet, pada 1991 ia sempat menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Namun Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan dan kariernya hanya bertahan selama dua tahun.

Keluar dari Akabri, Edhy dikenalkan oleh rekannya pada Prabowo yang saat itu masih berpangkat Letkol dan menjabat sebagai Dangrup III TNI AD. Setelah itu, Edhy mendapat bantuan dari Prabowo hingga dirinya dapat menempuh pendidikan kuliah di Fakultas Ekonomi di Universitas Moestopo dan dapat berlatih serta belajar silat di Batujajar, Bandung setiap akhir pekan.

Tak hanya sebatas itu, Prabowo kemudian juga mengangkat Edhy sebagai orang kepercayaannya. Edhy mendapat tugas untuk mendampingi Prabowo merintis usaha yang saat itu telah menjadi jenderal bintang tiga untuk tinggal di Jerman dan Yordania.

Kemudian Edhy mencoba peruntungan di dunia politik setelah Prabowo berhasil mendirikan Partai Gerindra. Edhy saat itu memberanikan diri mencalonkan diri dari partai Gerindra sebagai caleg di daerah pemilihan Sumatera Selatan I dan memperoleh suara terbanyak.

Diketahui Edhy tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 yang bertugas di Komisi VI bidang perdagangan, perindustrian, koperasi, dan BUMN. Selanjutnya Edhy kembali menjabat di periode selanjutnya sebagai Ketua Komisi IV DPR bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Selain aktif di dunia politik, Edhy juga tercatat sebagai pengusaha di sejumlah perusahaan, seperti Ketua Percepatan Pengadaan Logistik di PT. Kertas Nusantara 2007-2009, Komisaris PT Kiani Lestari 2007-2015, Direktur Utama PT Garuda Security Nusantara 2005-2015, Direktur Utama PT Tusam Hutani Lestari 2004-2015, Komisaris PT Swadesi Dharma Nusantara 2000-2004, dan dua perusahaan lainnya.

Di Partai Gerindra sendiri, Edhy dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra sejak 2012 hingga saat ini dan menjadi ketua bidang Pemuda dan Olahraga DPP Gerindra.

Selain itu, Edhy juga aktif di sejumlah yayasan serta organisasi dan memiliki jabatan penting yakni Ketua Diklat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Wakil Ketua Harian Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI), dan Sekretaris Yayasan Pendidikan Kebangsaan.

(ulf/agt)