Erick Thohir Ajukan 4 Nama Calon Wakil Menteri ke Jokowi

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 15:05 WIB
Erick Thohir Ajukan 4 Nama Calon Wakil Menteri ke Jokowi Menteri BUMN Erick Thohir. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Tohir menyatakan telah mengajukan tiga sampai empat nama calon wakil menterinya ke Presiden Joko Widodo. Salah satu nama yang ia usulkan adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Kartika Wirjoatmodjo.

Ia menolak menyebutkan nama calon yang ia ajukan kepada Jokowi. Ia hanya memastikan calon yang ia ajukan tersebut tidak ada yang berasal dari kalangan swasta.

"Tidak (bukan). Saya tidak boleh konflik kepentingan. Kalo saya sudah dipercaya dari swasta, nanti wamen swasta langsung isunya swastanisasi. Kan enggaklah," katanya di Komplek Istana Negara, Kamis (24/10).

Erick mengatakan lebih mengutamakan wakil menteri dari kalangan BUMN daripada unsur lain. Erick meminta kepada Presiden Jokowi untuk memberikan wakil menteri kepadanya. Ia meminta wakil menteri karena tanggung jawab menteri BUMN dinilai besar.

Salah satunya mengatur 142 BUMN. "Kalau 142 bisa 2 bisa 3 (Wamen BUMN). Pak Presiden bilang kalau perlu 5 ya dikasih. Tetapi kami lihat, di sini ada juga Pak Sekretaris Menteri serta deputi, jadi sudah ada tugasnya," ujarnya.


Erick berharap Jokowi memenuhi permintaannya Jumat (25/10).

"Saya mengharapkan besok. Karena dari kami perlu juga percepatan," katanya.
[Gambas:Video CNN] (uli/agt)