Jokowi Sindir Direksi Bank Agar Sentuh Pelosok Hingga Papua

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 14:02 WIB
Jokowi Sindir Direksi Bank Agar Sentuh Pelosok Hingga Papua Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para direksi bank di Indonesia turun langsung ke pelosok daerah, termasuk Papua. Jokowi mengklaim dalam lima tahun ini sudah mendatangi seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

"Bapak ibu sekalian juga tolong datangi. Pak Dirut, Pak Direksi tolong datangi. Oh ini loh Indonesia. Oh ternyata Indonesia tidak hanya Sudirman, Thamrin. Tapi ada Nduga, Wamena, Yahukimo yang memerlukan sentuhan dari bapak ibu sekalian," kata Jokowi dalam pembukaan Indonesia Banking Expo 2019, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11).

Jokowi menyatakan jika perlu, sejumlah bank nasional juga membuka cabang, salah satunya di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Mantan gubernur DKI Jakarta itu tak ingin para pelaku di dunia perbankan enggan turun ke bawah melihat rakyat kecil.


"Jangan hanya berkantor di Jakarta saja. Buka (kantor) cabang di Wamena," ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi meminta agar perbankan juga memberikan pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ia menyatakan bahwa dari data yang dirinya pegang terdapat sekitar 60 juta pelaku UMKM.

"Jangan yang mengurus hanya BRI saja. Yang lain, urus itu yang kecil-kecil yang ada di daerah, pelosok," tuturnya.

Jokowi mengungkap bahwa memberikan pinjaman uang kepada perusahaan yang besar memberikan untung besar bagi perbankan. Meskipun demikian, kata Jokowi, perbankan juga wajib memberikan bantuan pembiayaan kepada pelaku UMKM agar bisa naik ke level tengah dan menjadi besar.

"Kalau yang kecil biaya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita," katanya.

[Gambas:Video CNN] (fra/age)