Satu Karyawan Bank DBS Terinfeksi Virus Corona

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 18:17 WIB
Satu Karyawan Bank DBS Terinfeksi Virus Corona Bank DBS mengevakuasi 300 karyawan di Marina Bay Financial Centre (MBFC) Singapura. Ilustrasi. (Roslan RAHMAN / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu karyawan Bank DBS di Marina Bay Financial Centre (MBFC) Singapura positif terinfeksi virus corona. Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus, DBS memulangkan 300 rekan kerja dari lantai yang sama.

Karyawan yang diduga terjangkit virus corona bekerja di lantai 43 Tower 3 MBFC di DBS Asia Central. Ia diperiksa pada Selasa (11/2) dan terkonfirmasi pada Rabu (12/2).

Juru Bicara DBS mengatakan 300 karyawan yang bekerja di lantai yang sama dengan terduga terinfeksi diminta mengosongkan gedung perkantoran pada pukul 12 siang. Mereka diminta bekerja dari rumah sementara waktu sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona.


Namun, seorang karyawan Bank DBS yang bekerja di lantai 13 mengaku belum mendengar kabar tersebut. Ia juga mengaku tak tahu apakah karyawan lantai lainnya akan dievakuasi seperti pekerja lantai 43. "Karena sebagian besar departemen memiliki protokol operasi terpisah," katanya.

Saat ini, manajemen masih melacak kontak karyawan terinfeksi dengan karyawan lainnya dan kemungkinan karyawan lain yang juga terinfeksi.

Bangunan kantor, termasuk area umum, seperti lobi, lift, dan toilet juga dibersihkan dan disiram cairan disinfektan sesuai dengan pedoman Kementerian Kesehatan setempat.

"Kesehatan dan kesejahteraan staf kami adalah prioritas utama, dan kami akan memberi mereka setiap dukungan untuk melewati masa-masa yang tidak pasti ini," tutur juru bicara perusahaan.

Mulai pekan depan, ia melanjutkan semua karyawan akan menerima paket perawatan kesehatan dan perlindungan pribadi, termasuk di antaranya masker, termometer, pembersih tangan, dan vitamin c.

Menanggapi respons wabah virus corona di Singapura pada status oranye, pemerintah setempat meminta seluruh gedung perkantoran melakukan penyaringan suhu.

Pengunjung pun diwajibkan untuk menandatangani formulir deklarasi riwayat kesehatan dan perjalanan sebelum memasuki bangunannya. Sanitizer tangan tersedia di setiap lantai, termasuk masker wajah.

Sebelumnya dikabarkan satu orang terinfeksi virus corona di gedung yang sama, yakni MBFC di Tower 1. Jumlah kasus virus corona di Singapura mencapai 47 hingga Selasa (11/2).

[Gambas:Video CNN]


(bir/sfr)