Erick Thohir Bakal Rombak Direksi BUMN Sepanjang 2020

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 18:26 WIB
Erick Thohir Bakal Rombak Direksi BUMN Sepanjang 2020 Erick Thohir akan terus merombak direksi BUMN sampai akhir tahun. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dirinya masih terus membersihkan BUMN. Untuk itu, ia menyatakan perombakan jajaran direksi dan komisaris di berbagai perusahaan plat merah masih akan dilakukannya sepanjang tahun ini.

Menurutnya, pergantian direksi BUMN tak bisa dihindari. Ia melihat masih ada direksi dan komisaris BUMN yang tak menunjukkan kinerja sesuai dengan strategi perusahaan.

"Sudah pasti perubahan komisaris dan direksi akan terjadi sampai akhir tahun. Ada yang habis masa jabatannya dan ada yang memang tidak sesuai dengan strategi. Makanya mohon direksi komisaris kerja saja yang benar, kan nanti dinilai," ucapnya pada Jumat, (21/2).


Meski belum mau menyebut perusahaan mana saja yang akan mengalami perombakan, namun Erick mengatakan langkah tersebut akan dilakukan berdasarkan penilaian yang akan disesuaikan dengan indikator kinerja (KPI) masing-masing perusahaan.

Sebagai informasi, setelah menjadi menteri BUMN, Erick memang melakukan perombakan direksi besar-besaran di sejumlah perusahaan pelat merah. Perombakan salah satunya dilakukan di tubuh PT Pertamina (Persero).

Dalam perombakan tersebut, Erick memutuskan untuk menjadikan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  alias Ahok Komisaris Utama perusahaan minyak negara tersebut.

Selain itu, perombakan juga dilakukan di tubuh PT Garuda Indonesia (Persero). Dalam perombakan tersebut, ia memutuskan untuk memecat I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dari posisinya sebagai dirut Garuda Indonesia.

Tak hanya itu, ia juga memecat empat direksi lainnya. Pemecatan dilakukan karena mereka dianggap terlibat dalam kasus penyelundupan Harley-Davidson dengan pesawat Garuda.

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)