Komite Kebijakan Siapkan 5 Program Penanganan Corona

CNN Indonesia | Senin, 27/07/2020 16:05 WIB
Pemerintah menetapkan lima program yang menjadi prioritas dalam penanganan pandemi virus corona. Pemerintah menetapkan lima program yang menjadi prioritas dalam penanganan pandemi virus corona. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto memaparkan ada lima tema atau program yang menjadi prioritas dalam menangani pandemi corona di dalam negeri.

Pertama, program rakyat aman dari virus corona. Pemerintah akan memperluas tes polymerase chain reaction (PCR), pelacakan, dan karantina terhadap masyarakat yang positif terkena virus corona.

Selain itu, pemerintah pusat juga akan mempersiapkan skema penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan dilakukan pada Desember 2020 mendatang. Hal ini agar pesta demokrasi tetap berlangsung secara aman di tengah pandemi corona.


"Kami siapkan masyarakat aman dalam menghadapi pilkada 2020 dan persiapan untuk pengiriman obat-obatan dan vaksin dalam satu tahun ke depan," ujar Airlangga dalam video conference, Senin (27/7).

Kedua, program Indonesia sehat. Di sini pemerintah mendorong kemandirian pelayanan kesehatan di rumah sakit dan penyediaan obat-obatan.

"Di dalamnya ada transformasi sistem kesehatan termasuk BPJS Kesehatan yang berkualitas," terang Airlangga.

Ketiga, program Indonesia berdaya. Airlangga menjelaskan pemerintah akan terus mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) demi mendongkrak daya beli masyarakat domestik.

"Kemudian program lainnya seperti program kartu prakerja, subsidi gaji, kredit modal kerja, dan subsidi listrik," ujar Airlangga.

Keempat, pemerintah menyiapkan program Indonesia tumbuh. Beberapa poin yang masuk dalam program tersebut, antara lain peningkatan ekspor transformasi perpajakan, dan mendorong ekonomi di level mikro.

Kelima, pemerintah juga menyiapkan program jangka panjang (multiyears). Airlangga bilang ada sejumlah program yang berlanjut hingga 2021 dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca dihantam pandemi corona.

"Program multiyears terutama terkait dengan perencanaan program-program yang memang harus dilakukan tidak dalam satu tahun," pungkas Airlangga. 

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK